Kenapa Harimau Sumatera Turun ke Pemukiman dan Memangsa Ternak Warga? Ternyata ini Penyebabnya!

Kenapa Harimau Sumatera Turun ke Pemukiman dan Memangsa Ternak Warga? Ternyata ini Penyebabnya!

Pengecekan kandang ternak oleh tim BKSDA--

RADARUTARA.ID- Sejumlah pihak menilai, bahwa konflik yang terjadi antara satwa (Harimau Sumatera) dengan manusia di wilayah Desa Air Sebayur, Kecamatan Pinang Raya, Kabupaten Bengkulu Utara ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Beberapa pihak mengatakan, bahwa kemunculan Harimau Sumatera ke pemukiman warga di wilayah dusun 5 Talang Rapak, Desa Air Sebayur itu diduga tidak terlepas akibat dari dampak kerusakan kawasan hutan dengan banyaknya aktivitas masyarakat yang membuka hutan dan pemukiman.

Selain, itu dekatnya jarak antara pemukiman warga dengan kawasan hutan lindung juga menjadi salah satu faktor yang membuat Harimau Sumatera, ini nekat turun ke pemukiman dan mencari makan dengan cara memangsa hewan ternak milik warga. 

"Kemungkinan besar Harimau Sumatera, ini berpotensi kembali muncul ke pemukiman warga. Turunnya Harimau Sumatera ke pemukiman dan memangsa ternak milik warga ini bisa di akibatkan stok makanan dikawasan hutan yang juga sudah menipis akibat adanya kegiatan pengolahan hutan yang menjadi perkebunan hingga tempat tinggal. Sehingga Harimau ini mencari makan dengan cara masuk ke pemukiman dan memangsa ternak milik warga," terang Kapolsek Ketahun, Iptu Freddy Simaremare, SH.

BACA JUGA:Duh Ngeri! Harimau Kembali Memangsa Hewan Ternak Milik Warga di Air Sebayur, BKSDA Didesak Segera Bertindak

Sejauh, ini kata Kapolsek, beberapa tindakan telah dilakukan oleh jajarannya untuk menyikapi keresahan yang dialami oleh warga di Desa Air Sebayur akibat teror Harimau Sumatera yang kerap memangsa hewan ternak milik masyarakat tersebut. 

"Pulbaket terkait peristiwa ini sudah kami lakukan, dilanjutkan dengan berkoordinasi kepada perangkat desa setempat dan BKSDA serta menghimbau warga agar selalu hati-hati dan waspada," pungkasnya.

Lebih jauh, Kapolsek, menambahkan, beberapa rekomendasi juga telah disampaikan kepada pihak BKSDA untuk segera menyikapi keresahan warga di Air Sebayur akibat teror Harimau Sumatera yang turun ke pemukiman dan memangsa ternak milik warga ini.

"Kita rekomendasikan ke pihak BKSDA untuk segera menurunkan tim ke lokasi kejadian untuk memberi rasa aman kepada warga. Dan mendesak BKSDA agar segera melakukan penanganan supaya konflik antara satwa dan manusia, ini segera berakhir," demikian Kapolsek.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: