7 Keutamaan Menahan Amarah Bagi Seorang Muslim Sesuai Hadits Rasulullah

7 Keutamaan Menahan Amarah Bagi Seorang Muslim Sesuai Hadits Rasulullah

7 Keutamaan Menahan Amarah Bagi Seorang Muslim Sesuai Hadits Rasulullah--

4. Mendapatkan Pahala yang Besar

Keutamaan yang lainnya dari menahan amarah adalah mendapatkan pahala yang besar dan berlimpah dari Allah subhanahu wa ta'ala. Hal tersebut dijelaskan dalam hadis riwayat Ibnu Majah yang artinya:  Rasulullah SAW bersabda, "Tidaklah seorang hamba meneguk tegukan yang lebih besar pahalanya daripada seteguk kemarahan yang ditahannya karena mengharapkan keridhaan Allah." (HR Ibnu Majah)

BACA JUGA:Jangan Diusir, Kucing dengan 3 Ciri-ciri ini Menurut Primbon Jawa Dapat Membawa Hoki

5. Terlindung dari Neraka Jahannam

Dengan kita menahan amarah maka kita dijauhkan dari panasnya siksaan api neraka jahanam. Hal tersebut sesuai dengan sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang artinya: Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya neraka Jahannam mempunyai pintu yang tidak memasukinya kecuali orang yang sembuh kemarahannya dengan perbuatan maksiat kepada Allah Ta'ala."

6. Hatinya Dipenuhi dengan Keimanan

Dalam hadis lain juga disebutkan seseorang yang menahan amarah merupakan seseorang yang memiliki keimanan yang sangat luas kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Hal tersebut dijelaskan dalam sabda rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang artinya: Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada tegukan yang lebih disukai oleh Allah SWT daripada tegukan kemarahan yang ditahan oleh seorang hamba. Dan tidaklah seorang hamba menahannya, kecuali Allah memenuhi kalbunya dengan keimanan." (HR Ibnu ad-Dunya)

7. Mendapatkan Bidadari

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga bersabda barangsiapa yang mampu menahan amarah maka baginya bebas untuk memilih bidadari mana yang ia kehendaki hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya: Rasulullah SAW bersabda, "Siapa saja menahan kemarahan, sedang ia mampu melaksanakannya, maka Allah memanggilnya di hadapan makhluk-makhluk dan Dia menyuruhnya memilih mana bidadari yang dikehendaki."

BACA JUGA:Muslim Wajib Tahu, Ini 7 Doa Pembuka Pintu Rezeki Paling Ampuh untuk Diamalkan di Awal Tahun 2024

Cara Menahan Marah

Banyak sekali keutamaan yang dapat kita peroleh dari menahan amarah oleh sebab itulah kita harus belajar mengendalikan amarah kita agar tidak meledak-ledak dan menyinggung perasaan orang lain. Dalam buku yang berjudul ajar aqidah akhlak karya Syafiuddin dan Machnunah Ani Zulfah, berikut cara menahan marah:

1. Menahan marah dengan beristighfar

Adapun cara yang mudah yang dapat kita lakukan untuk menahan amarah adalah dengan membaca istighfar. Apabila kita marah dalam keadaan berdiri maka duduklah dan tenangkan diri, Namun apabila kita marah dalam keadaan duduk maka tiduranlah sembari membaca istighfar agar kemarahan tersebut cepat mereda.

2. Meredam marah dengan menahan diri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: