Paling Istimewa, Ini Keutamaan Membaca Surat Al-Baqarah, Sebagai Pelindung dari Marabahaya

Paling Istimewa, Ini Keutamaan Membaca Surat Al-Baqarah, Sebagai Pelindung dari Marabahaya

Paling Istimewa, Ini Keutamaan Membaca Surat Al-Baqarah, Sebagai Pelindung dari Marabahaya--

RADARUTARA.ID - Surah Al-Baqarah merupakan surah kedua dalam Al-Quran, yang terdiri atas 286 ayat dan termasuk surah paling panjang di dalam Al-Quran.

Surah Al-Baqarah juga dianggap sebagai salah satu surah yang paling penting dan sangat berpangruh dalam agama Islam, karena di dalam surah ini terkandung banyak hukum, aturan, hingga prinsip-prinsip dasar agama Islam.

Surah Al-Baqarah juga termasuk surah yang diwajibkan untuk dibaca dalam shalat Jumat. Surah ini mempunyai banyak manfaat untuk para pembacanya.

BACA JUGA:Rujak Jambu Kristal, Masih Jadi Jajanan Primadona saat Panas Melanda di Bengkulu

Dibawah ini merupakan 9 keutamaan surah Al-Baqarah lengkap dengan kesimpulannya:

1. Surah Al-Baqarah adalah surah terpanjang dalam Al-Qur’an. Itu sebabnya, jika rutin membacanya akan memberikan pahala yang besar serta mendatangkan berkah.

2. Ayat pertama dalam Surah Al-Baqarah mengandung sebuah doa yang paling penting, yakni “Alif, Lam, Mim. Itu merupakan Kitab (yang tidak ada keraguan padanya), petunjuk bagi mereka yang bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 1-2). Doa ini bisa digunakan untuk meminta petunjuk kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari.

3. Membaca surah Al-Baqarah secara rutin mampu melindungi seseorang dari gangguan syaitan. Hal ini tercantum dalam sebuah hadis, “Janganlah kamu jadikan rumah-rumahmu sebagai kuburan, sesungguhnya syaitan-syaitan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al-Baqarah.” (HR. Muslim)

BACA JUGA:Kauter Wajah, Cara untuk Menghilangkan Milia Hanya dengan 1 Jam

4. Dalam Surah Al-Baqarah terkandung ayat-ayat mengenai rukun iman, rukun Islam, serta berbagai hukum syariat. Maka dari itu, dengan membacanya bisa memperdalam pemahaman mengenai agama Islam.

5. Membaca surah Al-Baqarah di malam hari bisa membantu seseorang untuk tidur dengan tenang dan damai. Hal ini tercantum dalam sebuah hadis, “Bagi siapa membaca dua ayat terakhir dari Surat Al-Baqarah di malam hari, niscaya keduanya akan mencukupinya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Dalam Surah Al-Baqarah juga terkandung ayat-ayat mengenai tawakkal atau bergantung sepenuhnya kepada Allah SWT. Hal ini bisa membantu seseorang dalam mengatasi rasa cemas dan khawatir.

7. Jika membaca surah Al-Baqarah di pagi hari, mampu memberikan perlindungan dari bermacam marabahaya dan kesulitan. Hal ini tercantum jelas dalam sebuah hadis, “Bagi siapa membaca sebanyak sepuluh ayat dari awal surat Al-Baqarah di waktu pagi, niscaya ia akan dilindungi dari bermacam kesulitan sampai petang hari.” (HR. Muslim).

BACA JUGA:Selain untuk Lalapan, Ini 7 Khasiat Daun Krokot yang Belum Banyak Diketahui, Termasuk Melancarkan Siklus Haid

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: