Ketahui 5 Adab Makan dalam Islam Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Ketahui 5 Adab Makan dalam Islam Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Ketahui 5 Adab Makan dalam Islam Sesuai Ajaran Rasulullah SAW--

RADARUTARA.ID- Dalam agama Islam, segala sesuatu sudah diatur dan mempunyai adabnya masing-masing, terutama dalam kegiatan makan dan minum. Adab makan dan minum bukan cuma sekedar aturan belaka, namun juga sebagai bentuk ibadah kalau dikerjakan dengan niat yang baik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adab mempunyai pengertian kehalusan dan kebaikan budi pekerti. Adab juga bisa diartikan sebagai akhlak dan kesopanan.

Selain itu, adab makan dan minum yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW mempunyai dampak positif bagi kesehatan. Lantas, bagaimana adab makan dan minum yang sesuai ajaran Rasulullah SAW? Simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA:Dukung Program Haji Ramah Lansia, 100 Kursi Roda Tiba di Bandara Madinah

1. Membaca Basmalah

Adab makan dan minum sesuai anjuran Rasulullah SAW yang pertama yaitu mengucapkan basmalah sebelum makan dan minum. Pengucapan basmalah ini diajarkan oleh Rasulullah SAW lantaran menjadi satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan.

2. Menggunakan Tangan Kanan

Adab makan dan minum menggunakan tangan kanan mungkin sudah banyak diketahui, sebagaimana Rasulullah SAW mengajarkan kepada umat-Nya untuk makan menggunakan tangan kanan. Nabi Muhammad SAW terkenal gemar melakukan kegiatan apapun dengan tangan kanan.

Selain memakai tangan kanan, Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada kita untuk makan dengan tiga jari kemudian menjilatinya sebelum dibersihkan. Kalau ada satu suap makanan terjatuh dari tangan, beliau tak akan meninggalkannya malahan membersihkan dan kemudian memakannya.

BACA JUGA:Apa Boleh Berkurban dengan Uang Hasil Utang? Simak Penjelasannya

3. Tidak Sambil Berdiri

Larangan makan dan minum sambil berdiri bukan tanpa sebab. Banyak hikmah yang bisa didapat di dalamnya selain etika sopan santun. Makan dan minum sambil berdiri akan membuat asam lambung jadi naik ke kerongkongan, sehingga akan membuat sel-sel kerongkongan mengalami iritasi.

4. Tidak Meniup Makanan dan Minuman yang Panas

Alasan kenaoa dilarangnya meniup makanan dan minuman yang masih panas yaitu bisa membahayakan kesehatan. Sesudah dilakukan beberapa penelitian ilmiah, udara yang keluar melalui tiupan atau hembusan nafas adalah udara rusak serta penuh akan zat karbon dioksida.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: