Bunda! Berikut ini 7 Makanan yang Mampu Tingkatkan Daya Ingat Anak

Bunda! Berikut ini 7 Makanan yang Mampu Tingkatkan Daya Ingat Anak

Bunda! Berikut ini 7 Makanan yang Mampu Tingkatkan Daya Ingat Anak--

RADARUTARA.ID- Daya ingat memiliki peran penting pada proses belajar anak di sekolah. Bahkan beberapa makanan diketahui bisa meningkatkan Daya ingat sang anak loh. Apa saja?

Pemberian nutrisi yang tepat akan mempengaruhi segala aspek perkembangan anak, mulai dari kesehatan bahkan diantaranya pertumbuhan dan fungsi otak.

Otak akan tumbuh pesat pada beberapa tahun pertama kehidupan. Otak anak akan terus berkembang sampai masa remaja. Khususnya di areal korteks preffontal. 

Area tersebut dikenal sebagai pusat kepribadian dan area tersebut juga berhubungan dengan perencanaan, memori atau daya ingat, pengambilan keputusan serta fungsi eksekutif otak lainnya. 

Sejumlah penelitian membuktikan, bahwa nutrisi dan makanan tertentu dapat mendukung tumbuh kembang otak serta fungsi kognitif di masa anak-anak sampai remaja. Satu diantaranya tentang data intat atau kemampuan seorang anak dalam mengingat sesuatu. 

BACA JUGA:Selain untuk Lalapan, Ini 7 Khasiat Daun Krokot yang Belum Banyak Diketahui, Termasuk Melancarkan Siklus Haid

- Jenis makanan untuk meningkatkan daya ingat anak:

Dirangkum dari berbagai sumber, ini adalah daftar makanan yang bisa membantu meningkatkan daya ingat anak. 

1. Telur

Telur nerupakan makanan favorit banyak anak. Telur kaya akan nutrisi penting untuk perkembangan otak dan fungsi kognitif. Sebut saja kolin, vitamin B12, protein, dan selenium.

Dikutip dari Healthline, sebuah tinjauan terhadap 54 penelitian sebelumnya menemukan, asupan kolin selama 1.000 hari pertama kehidupan dapat mendukung perkembangan otak dan meningkatkan fungsi kognitif secara maksimal.

2. Buah beri

Buah Beri kaya akan senyawa antosianin. Senyawa ini dipercaya dapat bermanfaat untuk kesehatan otak. Dan Antosianin sendiri bisa meningkatkan aliran darah ke otak, memberi efek anti-inflasi aliran darah ke otak, memberikan efek anti-inflamasi, dan meningkatkan produksi sel saraf baru serta ekspresi protein tertentu. Termasuk di antaranya faktor neurotropik yang terlibat dalam memori.

Sejumlah penelitian menyatakan, asupan buah dapat memberi pengaruh positif kepada fungsi kognitif anak. Salah satu contohnya, adalah hasil penelitian kepada 14 anak usia 7-10 tahun menemukan konsumsi 200 gram. Minuman blue berry bisa meningkatkan kinerja padahal lebih bagus dalam mengatasi peningkatan kinerja yang lebih baik dalam tes memori tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: