Sering Lupa? Amalkan Doa Ini Agar Daya Ingat Bertambah

Sering Lupa? Amalkan Doa Ini Agar Daya Ingat Bertambah

Sering Lupa? Amalkan Doa Ini Agar Daya Ingat Bertambah--

RADARUTARA.ID- Lupa adalah salah satu sifat manusiawi yang dimiliki oleh setiap individu, tetapi malau hal itu dialami terlalu sering juga akan kurang baik, maka dari itu, Islam mengajarkan kepada umatnya untuk membaca doa supaga tidak gampang pikun dan kuat ingatan.

Ingatan sendiri adalah istilah yang kerap dijumpai dalam Al-Qur’an. Dalam beberapa ayat, Allah SWT memerintahkan dan juga menyebutkan kalau mengingat Allah SWT adalah hal yang wajib dilakukan di segala kesempatan.

Maka dari itu, salah satu hal yang harus diupayakan oleh umat muslim yaitu melatih ingatan, supaya selalu digunakan untuk mengingat hal-hal yang berkaitan dengan ketakwaan seperti mengingat ibadah, zikir, dan ingat akan Allah SWT.

Bukan hanya melatih ingatan, ikhtiar yang bisa dilakukan oleh umat Islam yaitu dengan berdoa. Doa-doa dibawah ini bisa dilafalkan untuk meminta kepada Allah SWT supaya diberikan nikmat berupa daya ingat.

BACA JUGA:Bukan Hanya untuk Bayar Pajak, Cek Fisik Kendaraan Sangat Penting, Ini Panduan Lengkapnya

1. Doa agar tidak mudah pikun dan kuat ingatan yang diajarkan Nabi Muhammad saw.

Allâhumma ij’al nafsî muthmainnatan, tu’minu bi liqâika wa tardlâ bi qadlâika.

Artinya: “Ya Allah, jadikan jiwa kami menjadi tenang, beriman akan adanya pertemuan dengan-Mu, dan rela atas garis yang Engkau tentukan.”

2. Doa agar tidak mudah pikun dalam surah Al-Baqarah ayat 286

Rabbana wala tuhammilna maa laa thaaqata lanaa bihii, wa'fu 'annaa waghfirlanaa warhamnaa. Anta maulaanaa fanshurnaa 'alal qaumil kaafiriin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami.”

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

3. Doa agar tidak mudah pikun dan kuat ingatan lainnya

Yaa 'allaamal ghuyub falaa syaiun yafuutuhu min 'ilmihii min 'ilmihi wala yauduhu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: