Ngeri! Ini Alasan Kenapa Tidak Dianjurkan Minum Teh Ketika Perut Kosong

Ngeri! Ini Alasan Kenapa Tidak Dianjurkan Minum Teh Ketika Perut Kosong

Ngeri! Ini Alasan Kenapa Tidak Dianjurkan Minum Teh Ketika Perut Kosong--

RADARUTARA.ID- Secangkir teh panas kerap menjadi kebiasaan sejumlah orang mengawali paginya. Tapi kalian perlu tahu, bahwa minum teh dengan keadaan perut sedang kosong bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. 

Dikutip dari Health Shots pada 2 November 2023, beberapa peneliti mengatakan, bahwa semua jenis minuman mengandung cafein seperti kopi dan teh hijau, teh susu, teh oolong dan teh hitam bisa bereaksi ketika perut sedang kosong semakin meningkatkan resiko. Berikut ini alasan kenapa tidak boleh minum teh ketika perut sedang kosong: 

1. Dapat menyebabkan iritasi perut

Dari penelitian para ahli biologi dan kimia dunia, menunjukkan, orang akan mengalami iritasi perut setelah minum teh yang diseduh dengan kuat saat perut kosong. Selain itu ada resiko peningkatan kanker kerongkongan dan perut akibat minum teh yang terlalu panas, sehingga tak bisa ditoleransi oleh perut kosong Selain itu, kandungan antioksidan dan polifenol yang kuat di dalam teh juga mengakibatkan keasaman yang bisa mengiritasi perut.

BACA JUGA:Lebih Untung yang Mana, Beli Mobil Baru Murah atau Mobil Bekas Tapi Mewah?

2. Dapat menyebabkan sakit kepala

Alasan selanjutnya kenapa tidak boleh minum teh saat perut kosong yaitu, bisa menyebabkan sakit kepala. Terutama bagi orang-orang yang memiliki perut sensitif, minum teh saat perut kosong bisa sebabkan sakit kepala dan mual. Karena, teh mengandung kafein dan dapat dikaitkan dengan hiperstimulasi sistem saraf pusat, seperti insomnia, agitasi atau tremor.

3. Menghambat penyerapan nutrisi

Penyerapan nutrisi di dalam tubuh juga akan sedikit terganggu, hal ini karena kandungan Kafein dan tanin di dalam teh bisa menurunkan kemampuan tubuh menyerap nutrisi.

Efek ini bisa lebih terasa, saat kamu menyeruput teh dalam kondisi perut kosong, maka dari itu sebaiknya sediakan potongan kue atau biskuit sebagai teman ngeteh kamu.

4. Mempengaruhi metabolisme tubuh

Dikutip dari Times of India pada 1 Maret 2023, minuman pertama yang diminum di pagi hari dapat membantu membersihkan bakteri dalam tubuh.

Tetapi, minum kafein seperti teh dan kopi saat perut kosong dan dalam jumlah tinggi di pagi hari bisa memengaruhi keluarnya bakteri dari mulut ke usus. Sehingga, ini dapat dapat memengaruhi pencernaan dan metabolisme. 

BACA JUGA:Gak Perlu Repot , Ini Cara untuk Cek NIK yang Terdaftar di Parpol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: