Lebih Untung Beli Mobil Baru Murah atau Mobil Bekas Tapi Mewah? Ini Jawabannya

Lebih Untung Beli Mobil Baru Murah atau Mobil Bekas Tapi Mewah? Ini Jawabannya

Lebih Untung yang Mana, Beli Mobil Baru Murah atau Mobil Bekas Tapi Mewah?--

RADARUTARA.ID - Membeli mobil tentu memelukan pertimbangan yang matang supaya sesuai dengan kebutuhan si pembeli.

Biasanya, ada dua pilihan bagi kamu yang ingin mempunyai mobil untuk pertama kalinya, yaitu membeli mobil baru ataupun second. Apa kelebihan dan kekurangannya dan mana yang lebih cocok untuk kamu? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

1. Mobil Baru

Tentunya ada berbagai keuntungan yang bisa diperoleh dengan membeli mobil baru. Bedanya dengan membeli mobil second, kamu tidak harus mengecek kondisi mobil satu persatu pasalnha mobil baru tentu sudah lolos uji dari inspeksi pabrik dan menggunakan komponen-komponen terbaru yang usia pakainya masih cukup panjang, sehingga minim terjadinya resiko kerusakan. Beberapa pabrikan juga masih menyediakan garansi jika memang ada cacat produksi.

Lalu, keuntungan lain yang didapat jika membeli mobil baru yaitu premi asuransi yang masih cukup terjangkau biayanya. Hal ini disebabkan mobil baru beresiko lebih rendah dalam mengalami kerusakan, sehingga harga premi yang ditawarkan juga cukup murah dibanding dengan kamu yang mengajukan asuransi untuk mobil second.

Jika dari sisi kepraktisan transaksi, pembelian mobil baru juga cenderung lebih gampang lantaran proses pembuatan plat, BPKB dan STNK sudah diurus dari pihak dealer. Berbeda halnya jika membeli mobil second, yang mana kamu harus melakukan balik nama dari pemilik mobil sebelumnya.

BACA JUGA:Pemegang KIP Berwarna Ungu, Coba Cek Saldo Deh, Bantuan Rp1 Juta dari Pemerintah Cair Hari Ini

2. Mobil Second

Dilain sisi, membeli mobil second juga mempunyai beberapa keuntungan terutama bagi kamu yang menginginkan mobil dengan biaya lebih terjangkau.

Mobil second pastinya mempunyai harga yang lebih murah dibanding dengan membeli mobil baru, yang bisa disesuaikan dengan budget kamu. Tetapi, alangkah baiknya sisihkan budget sendiri untuk melakukan perbaikan pasalnya mungkin ada beberapa komponen yang harus diperbaiki ketika kamj membeli mobil second.

Selain itu, depresiasi harga pada mobil second juga lebih rendah dibanding dengan mobil baru. Rata-rata penyusutan mobil baru mampi mencapai 10 persen, lalu bertambah menjadi 20-25 persen di tahun pertama. Sedangkan, depresiasi pada mobil second lebih kecil, biasanya sekitar 9-12 persen per tahun.

Lalu, pajak yang dikenakan untuk mobil second juga cukup rendah dibanding dengan pajak untuk mobil baru. Tetapi jangan lupa untuk memperhatikan pajak progresif, pasalnya jika kamu mempunyai lebih dari satu mobil maka pajak yang dikenakan juga ikut meningkat.

Jadi, mana yang lebih baik membeli mobil baru atau second? Jika kamu mempunyai budget yang cukup dan ingin mempunyai mobil yang masih terjamin kualitasnya dan minim resiko kerusakan, maka disarankan untuk membeli mobil baru. Tetapi, jika kamu menginginkan mobil dengan harga yang lebih terjangkau lagi, maka mobil second bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: