Ternyata Ini Alasan Kenapa Arab Saudi Tidak Pernah Dijajah Bangsa Asing, Benteng Pertahanannya Terlalu Kuat?

Ternyata Ini Alasan Kenapa Arab Saudi Tidak Pernah Dijajah Bangsa Asing, Benteng Pertahanannya Terlalu Kuat?

Ternyata Ini Alasan Kenapa Arab Saudi Tidak Pernah Dijajah Bangsa Asing, Benteng Pertahanannya Terlalu Kuat?--

RADARUTARA.ID - Arab Saudi yakni negara yang terletak di Jazirah Arab, dan juga termasuk dalam salah satu negara jarang terjajah okeh kekuatan asing selama sejarah panjangnya.

Salah satu faktor utama yang melindungi Arab Saudi dari Invansi adalah letak geografisnya yang didominasi oleh padang pasir yang luas. Gurun Rub’ al Khali juga dikenal sebagai empty quarter adalah salah satu gurun terbesar di dunia dan meliputi sebagian besar wilayah selatan Arab Saudi. 

Kondisi gurun yang keras dan kurangnya sumber daya alam yang berlimpah, membuatnya sulit bagi kekuatan asing untuk menduduki atau mengendalikan wilayah ini.

Arab Saudi adalah pusat islam dan memiliki dua Kota Suci yaitu Kota Mekkah dan Madinah. Sejarah panjang islam dan pentingnya dua kota ini, membuat Arab Saudi menjadi tempat yang dihormati dan dijaga oleh dunia muslim.

BACA JUGA:Mengenal Negara Qatar yang Dulu Miskin dan Sekarang Sangat Kaya

Kekuatan-kekuatan asing akan beresiko besar jika mereka mencoba untuk mengendalikam atau menjajah wilayah yang dianggap suci ini.

Ketidakhadiran sumber daya alam yang berlimpah pada masa lalu dan iklim yang keras telah menjadikan Arab Saudi kurang menarik bagi kekuatan asing yang mencari keuntungan ekonomi melalui penjajahan

Namun, walaupun Arab Saudi tidak mempunyai hari kemerdekaan, tetapi mereka tetap memiliki Hari Nasional Arab yang diperingati setiap tanggal 23 September.

Akan tetapi, pada akhir bulan Januari 2022, Raja Arab Saudi, Salman, menetapkan bahwa tanggal 22 Februari ditandai sebagai Hari Pendirian Negara Arab.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: