Ribuan Jemaah Haji Indonesia Mulai Jalankan umrah Wajib di Mekkah

Ribuan Jemaah Haji Indonesia Mulai Jalankan umrah Wajib di Mekkah

Ribuan Jemaah Haji Indonesia Mulai Jalankan umrah Wajib di Mekkah --

RADARUTARA.ID- Ribuan jemaah haji Indonesia di Madinah sudah mulai diberangkatkan ke Mekkah untuk menjalankan umrah wajib, sejak Senin (20/5/2024).

Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah Ali Machzumi mengatakan sebelum menuju Tanah Suci Mekkah, jemaah haji singgah sebentar di Masjid Bir Ali untuk salat sunah umroh dan mengambil niat umrah wajib.

"Alhamdulillah proses miqot jemaah haji kita berjalan lancar, jemaah kita sudah sesuai dengan keberangkatan rombongan masing-masing," kata Ali di Kawasan Masjid Bir Ali, Madinah, Arab Saudi, Senin (20/5/2024)).

Dia menjelaskan di Masjid Bir Ali, jemaah haji hanya singgah sekitar 15 menit. Untuk itu bagi jemaah haji yang sakit atau lansia disarankan tidak turun sehingga salat sunnah dan niat dilakukan di dalam bus.

Pantauan Media Center Haji, jemaah terlihat bersemangat dan mengikuti arahan dari para Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Setelah turun dari bus, mereka langsung bergegas menuju masjid untuk melaksanakan salat sunah.

"Jemaah sudah sampai sini dan tampak senang saat melaksanakan miqot untuk umrah ke Mekkah" kata Ali. 

BACA JUGA:Jamaah Calon Haji Indonesia Mulai Bergerak dari Madinah ke Mekkah

Sebagai informasi, pada hari Senin kemarin, ada 8 kloter jemaah haji yang diberangkatkan dari Madinah menuju Mekkah. Mereka terbagi dalam 3 waktu keberangkatan yakni jam 06.00, 14.00 dan 17.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

Pendorongan jemaah dari Madinah akan terus berlangsung sampai tanggal 30 Mei 2024. Mengingat cuaca di Madinah yang terik, Ali menyarankan agar jemaah yang dijadwalkan berangkat ke Madinah siang hingga sore bisa melakukan penyesuaian.  

"Cuaca jam 2 siang ini sangat panas, sore juga panas. Jadi diharapkan jemaah berbekal air minum agar tidak mengalami dehidrasi dan insyaallah mulai besok akan kita sediakan agar bisa dimanfaatkan oleh jemaah kita," tutur Ali. 

Sebagai catatan, sekitar 3.400 jemaah haji Indonesia mulai didorong dari Madinah ke Mekkah. Mereka berangkat ke Mekkah menggunakan 85 bus dengan jumlah penumpang maksimal 41 jemaah per armada. Ada pun jarak tempuh dari Bir Ali ke Mekkah sekitar 4-5 jam.

Selama di Masjid Bir Ali ada 19 personel PPIH Arab Saudi yang bertugas. Mereka bersiaga di setiap sudut untuk mengarahkan jemaah agar tidak tersasar. Mengingat jemaah haji dari berbagai negara mengambil miqot dari tempat yang sama.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: