Saksi Bisu Hilangnya Ribuan Nyawa, 130 Situs Perang Dunia 1 Ini Ditetapkan Sebagai Warisan Dunia UNESCO

Saksi Bisu Hilangnya Ribuan Nyawa, 130 Situs Perang Dunia 1 Ini Ditetapkan Sebagai Warisan Dunia UNESCO

Saksi Bisu Hilangnya Ribuan Nyawa, 130 Situs Perang Dunia 1 Ini Ditetapkan Sebagai Warisan Dunia UNESCO--

RADARUTARA.ID - UNESCO telah menambahkan lebih dari 130 pemakaman dan tugu peringatan Perang Dunia I ke Daftar Warisan Dunia. Keputusan ini diambil dalam pertemuan Komite Warisan Dunia UNESCO ke-45 di Riyadh, Arab Saudi.

Situs-situs tersebut mencakup pemakaman besar dengan ribuan tentara yang terkubur, serta pemakaman kecil dan tugu peringatan tunggal.

Di antara situs-situs tersebut, terdapat 139 situs di Flanders dan Wallonia, Belgia, serta wilayah utara dan timur laut Prancis yang merupakan lokasi pertempuran paling mematikan pada Perang Dunia I. 

BACA JUGA:Awal Mula Pecahnya Perang Dunia 1, Tinggal dan Berperang dari Dalam Parit Diantara Mayat yang Bergelimpangan

BACA JUGA:Indonesia Wajib Bangga, Sumbu Filosofi Yogyakarta Akhirnya Ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO

Konflik ini merenggut 10 juta nyawa dari 130 negara. Sebelumnya, UNESCO berhati-hati dalam memasukkan tugu peringatan perang dan situs pembunuhan massal ke dalam Daftar Warisan Dunia karena kemungkinan penyalahgunaannya untuk kepentingan politik.

Namun, situs-situs di Rwanda, Afrika Timur yang dibangun untuk memperingati genosida tahun 1994, di mana sebagian besarnya adalah orang Tutsi, telah dimasukkan sebelumnya.

Selain itu, Sumbu Filosofi Yogyakarta juga telah ditambahkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO. Ini adalah suatu kehormatan bagi Indonesia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: