Hadapi Dampak El Nino, Camat Minta Seluruh Desa Inventarisir Kantong Air dan Pastikan Pamsimas Berfungsi

Hadapi Dampak El Nino, Camat Minta Seluruh Desa Inventarisir Kantong Air dan Pastikan Pamsimas Berfungsi

Antisipasi Dampak El Nino, Camat Minta Seluruh Desa Maksimalkan Perawatan Fasilitas Air Bersih--

RADARUTARA.ID- Dampak iklim fenomena El Nino yang mengancam timbulnya bencana kekeringan turut menjadi perhatian serius pemerintah Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), Kabupaten Bengkulu Utara. 

Teranyar, Camat MSS, Danang Harjuanto, SE, meminta kepada seluruh desa di wilayah kerjanya mulai menginventarisir keberadaan kantong-kantong air di masing-masing desanya.

Kantong air yang dimaksud Camat, ini minimal memiliki sumber air yang tidak mudah kering saat musim kemarau dan akses menuju kawasan yang mudah digali untuk memperoleh air tanah.

"Areal-arel yang memiliki persedian air cukup ini harus mulai di inventarisir oleh desa. Sehingga ketika kekeringan terjadi, kantong air yang tersedia itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya," tegas Camat.

BACA JUGA:Sopir di Putri Hijau Ngeluh, Susah Dapatkan Solar hingga Barcode Banyak Diblokir, Begini Penjelasan SPBU

Di sisi lain, Camat, mengakui, bahwa pemerintah daerah juga telah memberi kewenangan khusus kepada seluruh desa dalam menghadapi dampak kekeringan yang timbul akibat fenomena El Nino ini.

Diantaranya desa bisa melakukan perubahan terhadap APBDes 2023 melalui Perkades untuk melaksanakan pembuatan sumur bor.

"Bila memungkinan dan diharuskan, pemerintah desa bisa membuat sumur bor lewat dana desa (DD) untuk mengantisipasi kesulitan warganya memperoleh air saat musim kemarau panjang," imbuhnya.

BACA JUGA:Anti Ribet, Pinjaman KUR BCA, Tembus Rp75 Juta dengan Angsuran Sejutaan Perbulan, Ini Ketentuannya.

Selanjutnya, Camat, juga menghimbau kepada seluruh desa-desa yang memiliki fasilitas Pamsimas agar dapat memastikan keberadaan fasilitas Pamsimas yang ada di desanya berfungsi dengan baik.

"Desa juga harus memastikan fasilitas Pamsimas yang dimiliki berfungsi dengan baik," pintanya. 

Lebih jauh, Camat, turut menghimbau. Dalam menghadapi kemungkinan dampak bencana alam kekeringan yang dapat dipicu oleh fenomena El Nino, ini juga harus dibarengi peran serta dari masyarakat.

"Masyarakat juga jangan hanya berpangku tangan. Sedari sekarang juga harus bersiap-siap mengatasi kebutuhan air di dalam keluarganya," demikian Camat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: