Petani di Karya Jaya Optimis Produksi Padi di Musim Kedua Tahun Ini Tetap Terpenuhi

Petani di Karya Jaya Optimis Produksi Padi di Musim Kedua Tahun Ini Tetap Terpenuhi

Petani di Desa Karya Jaya berhasil menyemai padi dan melaksanakan musim tanam kedua--

MARGA SAKTI SEBELAT, RADARUTARAID- Petani di Desa Karya Jaya, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) optimis, produksi padi pada musim tanam kedua tahun, ini tetap bisa terpenuhi meskipun kondisi cuaca yang labil hari, ini masih menghantui para Petani.

Kepada radarutara.id, Tenaga PPL Pertanian Kecamatan MSS, Ari, mengakui sebelumnya para petani di Desa Karya Jaya sempat pesimis, bahwa musim tanam kedua saat ini gagal dilaksanakan.

Itu, disebabkan karena kondisi cuaca yang labil dan berdampak terhadap pasokan air di saluran irigasi yang sempat surut atau mengering.

"Sempat pesimis tidak bisa melangsungkan musim tanam. Karena stok air untuk mengolah tanah persawahan sempat kering," ujar Ari.

BACA JUGA:Ajak Hidup Sehat, Arie Septia Adinata Ikut Jalan Sehat di Tanjung Agung Palik

BACA JUGA:Jadi Irup di SMK 2, Kasat Lantas Polres Bengkulu Utara Tekankan Etika Berkendara

Namun Ari, mengatakan, kekhwatiran itu akhirnya bisa tersiasati dengan turunnya hujan beberapa di wilayah Kecamatan MSS belakangan, ini. Sehingga stok air di bendungan bisa mengalir ke areal persawahan.

"Meskipun tidak berlimpah, tapi air yang ada sekarang cukup untuk petani mengolah tanah dan menyemai bibit," ungkapnya.

Diakui Ari, saat, ini sudah ada satu kelompok tani dengan luasan lahan sekitar 26 hektar yang sedang proses tanam. Ditargetkan Ari, proses tanam ini bisa diikuti oleh kelompok tani lainnya sehingga total lahan persawahan di Desa Karya Jaya seluas kurang lebih 60 hektar bisa tertanami semua pada musim tanam kedua saat ini.

"Mudah-mudahan stok air bisa terjaga untuk satu bulan kedepan. Sehingga kelompok tani lainnya bisa mengikuti proses tanam seperti yang dilakukan oleh satu kelompok hari ini. Jika hal, itu tercapai maka kita pastikan produksi padi kita di musim tanam kedua tahun ini tetap terpenuhi," demikian Ari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: