Pemdes Gunung Payung Pastikan Pasokan Air untuk Lahan Persawahan Masih Aman, Kades: 1,5 Bulan Lagi Kita Panen

Pemdes Gunung Payung Pastikan Pasokan Air untuk Lahan Persawahan Masih Aman, Kades: 1,5 Bulan Lagi Kita Panen

Sawah di gunung payung yang terendam banjir beberapa waktu lalu--

PINANG RAYA, RADARUTARA.ID- Pemdes Gunung Payung, Kecamatan Pinang Raya memastikan. Bahwa pasokan air ke areal persawahan milik petani atau masyarakat di wilayah desanya masih relatif tercukupi alias aman.

Dikatakan Kades Gunung Payung, Mimbar Situmorang, SIP, sebagian besar areal persawahan yang ada di desanya sudah dalam kondisi tertanam.

Bahkan dalam jangka waktu 1,5 bulan kedepan Kades, menargetkan padi yang ditanam oleh masyarakat atau petani di desanya, itu akan mulai memasuki masa panen.

"Untuk pasokan air yang kita miliki saat, ini mudah-mudahan cukup untuk mengantarkan tanaman padi milik petani kita sampai ke masa panen. Ini, sesuai dengan umur padi yang sekarang sudah mulai berbuah dan kita prediksi dalam tempo 1,5 bulan kedepan sudah bisa dipanen," ungkap Kades.

BACA JUGA:Polsek Napal Putih Bangun Sumur Bor di Desa Tanjung Sari, Kapolsek: Program Kapolri untuk Menghadapi El Nino

BACA JUGA:Pinjaman KUR BRI dengan Angsuran Sejutaan Bisa Tembus Rp75 Juta, Begini Syarat dan Ketentuannya

Di sisi lain Kades, tak dapat menjamin. Apakah pasca melewati masa panen di musim ini nantinya petani di desanya masih bisa melanjutkan ke musim tanam selanjutnya.

Kekhawatiran, ini diungkapkan Kades, seiring dengan musim kemarau yang saat ini telah melanda berbagai daerah dan ikut dirasakan oleh masyarakat di desanya.

"Untuk musim tanam selanjutnya kita belum bisa memastikan. Jika dalam tempo dua bulan kedepan kemarau masih berlangsung, maka kondisi ini akan berdampak terhadap ketersediaan air yang kita miliki dan bisa mempengaruhi siklus tanam petani," demikian Kades.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: