Waduh! Calon Pabrik PT BBS di Padang Jaya Dikeluhkan Warga

Waduh! Calon Pabrik PT BBS di Padang Jaya Dikeluhkan Warga

Aktifitas persiapan lokasi pembangunan pabrik BSS dikeluhkan masyarakat--

PADANG JAYA, RADARUTARA.ID- Masyarakat Desa Tanah Tinggi, mulai mengeluhkan terkait adanya calon pabrik pengolahan kelapa sawit PT Berkat Bumi Sawit (PT BBS) yang terletak di Desa Sido Mukti, Kecamatan Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara.

Pasalnya, keberadaan calon pabrik untuk mengolah kelapa sawit menjadi CPO tersebut diduga dengan aktifitas persiapan lokasi pembangunan pabrik menyebabkan bekas tanah yang digusur menggunakan alat berat melimpah ke sungai.

Alhasil, sungai yang menjadi sumber air bersih PAM Desa di Desa Tanah Tinggi belakangan ini keruh dan tidak layak digunakan.

Padahal, keberadaan calon pabrik dengan luasan lahan 411,4 Hektare itu saat ini sedang dalam tahapan administrasi konsultasi publik Amdal dan sosialisasi rencana pembangunan dan operasional pabrik.

BACA JUGA:Dispendik Bengkulu Utara Larang Pihak Sekolah Bebankan Biaya Perpisahan dengan Wali Murid

Pj Kepala Desa Tanah Tinggi, Mursidin saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut, bahkan pasokan air bersih dari sungai disekitar calon lokasi pabrik yang dimanfaatkan warga itu tidak layak dipakai lantaran keruh.

"Benar mas, kemarin ada laporan warga dan sudah dimusyawarahkan dengan pihak perusahaan," ujarnya melalui sambungan seluler, Rabu (15/5/2024).

Dari hasil penelusuran media ini, pengurus PAM telah melalukan pemantauan di lokasi bendungan. Hasilnya, pengurus menemukan endapan lumpur dan tanah. 

Sementara bak penampungan itu merupakan tempat utama untuk mengalirkan air ke rumah-rumah warga.

"Yang jelas sudah kami pertemukan, biar ada solusi yang terbaik dan air PAM tersebut bisa dimanfaatkan lagi oleh warga," tambahnya.

BACA JUGA:Mulai Besok, 1.523 Calon PPS Bengkulu Utara Akan Laksanakan Tes CAT, Ini 4 Lokasi Tesnya

Untuk diketahui, warga yang memanfaatkan air bersih dari PAM Desa Tirta Mulya Desa Tanah Tinggi itu kurang lebih 80 pengguna, dan warga itu menggunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, diantaranya mencuci, mandi dan air minum.

Terpisah, Camat Padang Jaya, Soini SE saat dibincangi diruang kerjanya turut merespon apa yang dialami Warga Tanah Tinggi.

Camat juga telah berkoordinasi dengan pihak perusahaan terkait temuan keruhnya air bersih yang selama ini dimanfaatkan oleh masyarakat Tanah Tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: