Bukan Hanya Sebagai Syarat Sah nya Sholat, Begini Dahsyatnya Keutamaan Wudhu Menurut Gus Baha

Bukan Hanya Sebagai Syarat Sah nya Sholat, Begini Dahsyatnya Keutamaan Wudhu Menurut Gus Baha

Bukan Hanya Sebagai Syarat Sah nya Sholat, Begini Dahsyatnya Keutamaan Wudhu Menurut Gus Baha.--

RADARUTARA.ID - Wudhu merupakan sebuah syarat yang harus dilakukan seorang muslim sebelum bisa melaksanakan salat, disamping mensucikan wudhu juga memiliki makna yang luar biasa. Wudhu juga merupakan salah satu syarat untuk sahnya suatu ibadah shalat.

Namun dalam kehidupan sehari-hari wudhu mempunyai keutamaan serta khasiat yang luar biasa. Orang-orang yang senantiasa menjaga wudhunya disebut-sebut akan memiliki wajah yang bersinar layaknya cahaya di pagi hari.

Gus baha dalam kegiatan tabligh-nya menyampaikan bahwasannya, wudhu juga bisa membersihkan penyakit hati yang dapat diderita oleh siapa saja. Jika hati kita kotor maka itu akan menjadi sumber dosa oleh sebab itu kita harus senantiasa menjaga kebersihan hati.

BACA JUGA:Dahsyatnya Dzikir Malaikat Mikail AS, Cukup Baca 33 Kali, Rezeki Akan Datang Tak Terduga

Seperti contoh yang dijelaskan oleh Gus baha dalam kehidupan sehari-hari yaitu, jika seseorang sedang berjalan-jalan lantas melihat wanita cantik. Melihat harta seseorang lalu memiliki rasa Tama, dan lainnya sehingga menimbulkan dosa itu merupakan penyakit hati.

Oleh sebab itu jika kita sudah merasakan indikasi semacam demikian, alangkah sebaiknya segera mengambil wudhu. Karena wudhu dapat meleburkan segala dosa-dosa tersebut.

Gus baha juga menerangkan bahwasanya nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda wudhu dapat menghapus dosa. Seperti layaknya kisah Imam Abu Hanifah yang diberi ilmu dan sangat dekat dengan Allah subhanahu wa ta'ala.

BACA JUGA:Warna Keberuntungan 12 Zodiak ditahun 2023, Diyakini Bakal Jadi Pembawa Hoki Karena Energi Positifnya

Pada suatu ketika Imam Abu Hanifah sedang jalan-jalan di keramaian kufah, lantas beliau melihat seorang pemuda yang tengah berwudhu di tempat tersebut.

Lalu Imam Abu Hanifah menegur pemuda tersebut agar tidak membentak kedua orang tuanya, mendengar pernyataan itu pemuda tersebut menjadi kaget, lalu bertanya kenapa beliau tahu dengan dosanya hendak, lalu sang Imam menjelaskan bahwasanya dosa tersebut tercermin dari air wudhu yang jatuh setiap kali ia wudhu. 

Dari kisah tersebut dapat kita pelajari bahwasanya dengan kita berwudhu, akan membersihkan dosa serta melapangkan hati. Tentunya hal tersebut diiringi dengan sikap tobat dan memohon kepada Allah diampuni segala perbuatan salah yang pernah dilakukan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: