Jika Berniat Menguji Kebenaran Cerita Nyi Roro Kidul, Kamu Harus Pahami Mitos Mengenai Sang Legenda

Jika Berniat Menguji Kebenaran Cerita Nyi Roro Kidul, Kamu Harus Pahami Mitos Mengenai Sang Legenda

Jika Berniat Menguji Kebenaran Cerita Nyi Roro Kidul, Kamu Harus Pahami Mitos Sang Ratu Pantai Selatan Tersebut--

5. Petilasan Selo Gilang

Di kasawan Pantai Parangkusumo terdapat sebuah petilasan berupa batu yang oleh warga sekitar sering disebut Selo Gilang. Konon batu ini tempat bertemunya Nyi Roro Kidul bersama Danang Sutawijowo yang tak lain merupakan Panembahan Senopati pendiri Kasultanan Mataram.

Di tempat ini pula diyakini terjadi perjanjian antara Ratu Kidul dengan Panembahan Senopati untuk saling menjaga keberadaan Pantai Selatan maupun Kraton Mataram. Tempat ini kini serang diziarahi untuk melakukan ritual, terutama pada malam Selasa atau Jumat Kliwon dan saat jelang 1 Suro. 

BACA JUGA:Bantuan Magis yang Konon Pernah Diberikan Nyi Roro Kidul Untuk Kesultanan Mataram

BACA JUGA:Diprediksi Badai El Nino Akan Sebabkan Harga Sembako Melonjak Tajam, Begini Pesan untuk Masyarakat

Menurut mitologi Jawa, Nyi Roro Kidul dipercayai memiliki para abdi atau pengawal yang membantu menjaga dan memuliakan keberadaannya sebagai ratu laut atau dewi laut. Abdi-abdi Nyi Roro Kidul ini biasanya dikisahkan sebagai sosok-sosok yang kuat dan sakti, seperti prajurit atau pendekar, dan memiliki keahlian dalam bidang tertentu, seperti ilmu gaib atau pengobatan.

Di antara abdi-abdi Nyi Roro Kidul yang paling terkenal adalah "golongan putih" dan "golongan hijau". Golongan putih terdiri dari para abdi yang dipercayai menjaga Nyi Roro Kidul di atas permukaan laut, sedangkan golongan hijau menjaga di bawah permukaan laut. Kedua golongan abdi ini dipercayai memiliki kekuatan magis yang kuat dan memiliki kesetiaan yang tinggi pada Nyi Roro Kidul.

Selain itu, dalam beberapa cerita atau legenda, Nyi Roro Kidul juga dikisahkan memiliki abdi-abdi yang berasal dari kalangan manusia. Abdi-abdi manusia ini dipilih oleh Nyi Roro Kidul karena memiliki kualitas dan karakter yang sesuai dengan kehendaknya. Mereka juga dipercayai mendapat keberuntungan atau kekuatan magis tertentu dari Nyi Roro Kidul, seperti kecantikan, kesehatan, atau keberuntungan dalam karir atau asmara.

Demikian kisah mengenai sang Ratu Pantai Selatan, semoga ini bisa menjadi sumber ilmu pengetahuan, terutama buat kamu yang berniat untuk sekedar berkunjung ke pantai ataupun ingin menguji kekuatan Nyi Roro Kidul. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: