Diprediksi Badai El Nino Akan Sebabkan Harga Sembako Melonjak Tajam, Begini Pesan untuk Masyarakat

Diprediksi Badai El Nino Akan Sebabkan Harga Sembako Melonjak Tajam,  Begini Pesan untuk Masyarakat

Diprediksi Badai El Nino Akan Sebabkan Harga Sembako Melonjak Tajam, Masyarakat Dihimbau Tak Panik--

RADARUTARA.ID- Serangan badai El Nino yang diperkirakan akan melanda wilayah Indonesia pada bulan Agustus mendatang, memang menjadi momok mengerikan bagi sebagian besar masyarakat, utamanya kaum petani. Hal ini karena badai El Nino akan menyebabkan musim kemarau berkepanjangan dan bahkan terbilang ekstrem.

Dari berbagai sumber, dikatakan badai El Nino akan memberikan dampak mengerikan, salah satunya terkait kenaikan harga beberapa sembako yang akan mengalami kenaikan tajam.

Mulai dari tanaman yang tidak tahan dengan air terlalu banyak, yakni bawang merah, cabai, jagung, dan kedelai. Ada kemungkinan komoditas itu akan mengalami kenaikan harga.

Bahkan tidak menutup kemungkinan kenaikan harga juga akan melanda jenis tanaman lainnya dan juga bahan sembako, serta tidak menutup kemungkinan akan terjadi krisis pangan di Indonesia pasca serangan badai El Nino nantinya. 

BACA JUGA:Masyarakat Diminta Bersiap Hadapi Fenomena El Nino, Berikut Daftar Daerah Terancam Kekeringan Paling Parah

BACA JUGA:Ramai Dipergunjingkan, Intip 4 Fakta Menarik Tentang El Nino yang Harus Kamu Tahu

Saat ini, kondisi harga komoditas pokok di pasar diklaim masih stabil, walau beberapa hasil pertanian ada juga yang mengalami penurunan harga yang terbilang terlalu rendah, yakni harga cabe dikisaran 20-30 ribu rupiah perkilogramnya.

Hanya saja walau harga sembako diprediksi alami kenaikan, namun masyarakat dihimbau oleh Menteri Pertanian RI, Yasin Limpo untuk tidak panik dan jangan sampai menimbun makanan melebihi batas. Kalaupun ingin menyimpan stok makanan, sebaiknya sewajarnya saja dan pilihlah bahan makanan yang tahan lama dan tidak mudah dirusak, serta makanan yang mudah untuk diolah.

"Sektor pertanian menjadi salah satu yang akan terdampak cukup besar dari badai El Nino ini," jelas Mentan.

Selain itu memperhatikan stok pasokan air bersih juga cukup penting, karena akan memudahkan masyarakat jika memang serangan badai el nino melanda di Indonesia. 

BACA JUGA:Terkait Serangan Badai El Nino, Ini Pesan Kementan untuk Para Petani di Indonesia

BACA JUGA:Pastikan Debit Air Masih Aman, Petani Diminta Tak Panik dengan Isu Badai El Nino di Agustus Mendatang

Walaupun saat ini serangan badai El Nino memang belum benar-benar melanda, namun cuaca panas saat ini sudah cukup terasa dan hampir menjadi keluhan dari semua masyarakat. Karena memang panas di siang hari tersebut cukup membuat kepala mendidih dan kulit terasa terbakar. 

Jadi, kami juga menghimbau masyarakat agar menghindari keluar rumah jika memang tidak penting dan juga selalu menggunakan perlindungan diri saat berada di luar ruangan, agar kulit dan tubuh tetap sehat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: