Legenda Dewi Lanjar, Anak Buah Nyi Roro Kidul yang Menjadi Penguasa Pantai Utara Jawa

Legenda Dewi Lanjar, Anak Buah Nyi Roro Kidul yang Menjadi Penguasa Pantai Utara Jawa

Legenda Dewi Lanjar, Anak Buah Nyi Roro Kidul Yang Menjadi Penguasa Pantai Utara Jawa--

RADARUTARA.ID - Masyarakat sudah terlanjur mengenal Nama Nyi Roro Kidul sebagai ratu pantai selatan. Legenda mengenai adanya penguasa yang memegang seluruh garis pantai selatan di pulau Jawa ini pun sangat dipercaya 

Sehingga muncul aturan tertentu ketika mereka berwisata ke pantai selatan, Salah satu larangan yang sudah jadi kepercayaan secara turun temurun  tersebut adalah tidak boleh memakai baju hijau ketika ke pantai, sebab ada kemunginan orang tersebut akan ditarik ke alam lain. 

BACA JUGA:Selain Menjadi Kerajaan Jin, Goa Istana di Alas Purwo Juga Tempat Pertemuan Bung Karno dan Nyi Roro Kidul

Jika dipantai Selatan Jawa ada Nyi Roro Kidul, lalu siapakah penguasa dipantai Utara Jawa?

Menurut mitos yang berkembang dimasyarakat Penguasa itu bernama Dewi Lanjar si Ratu Laut Utara. Sama hal nya dengan Nyi Roro Kidul, Cerita tentang tentang sang penguasa laut utara ini juga sangat melekat dalam kehidupan budaya Pekalongan, Jawa Tengah.

Menurut kepercayaan sekitar, bila ada anak atau orang yang hilang di pantai utara jawa, kemungkinan anak itu dibawa oleh Dewi Lanjar. Konon, katanya sang dewi memiliki keraton gaib yang ada di Pantai Slamanan, Pekalongan.

Diceritakan Dewi Lanjar berkelana ke pantai selatan Jawa untuk bertemu Nyi Roro Kidul  Sampai di pantai selatan, pemilik nama asli Rara Kuning ini melakukan pertapaan hingga mencapai moksa. Dirinya pun bertemu berhasil bertemu dengan Nyi Roro Kidul dan meminta agar diangkat menjadi bawahan sang ratu.

BACA JUGA:Selain Ajian Nyi Roro Kidul, Inilah Ilmu Pelet Super Ampuh yang Masih Dipercaya, No.2 Sangat Mengerikan

Ratu Kidul pun menyetujuinya, Dewi Lanjar bersama dengan para jin diberi tugas untuk menghadang Raden Bahu yang sedang membuka wilayah di daerah Gambiran. Namun Sayangnya, Dewi Lanjar gagal mengalahkan Raden Bahu, ia pun terpaksa  angkat kaki dari pantai selatan. Akhirnya, ia pun kembali ke kampung halamannya atas izin dari Raden Bahu.

Karena Dewi lanjar sudah moksa dalam pertapaannya, artinya jiwanya sudah menyatu dengan alam. Dirinya sudah bukan manusia biasa lagi. Sejak saat itulah Dewi Lanjar mulai menjadi penjaga pantai utara.

Bahkan menurut beberapa situs, wilayah kekuasannya tak cuma sebatas Pekalongan saja, tetapi dari pesisir Cirebon hingga ke Rembang. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa ia berkuasa pada seluruh pantai utara Jawa, mulai dari Cirebon sampai Banyuwangi. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: