Misteri Pantai Selatan, Tempat Pertemuan Panembahan Senopati dan Ratu Kidul

Misteri Pantai Selatan, Tempat Pertemuan Panembahan Senopati dan Ratu Kidul

Misteri Pantai Selatan, Tempat Pertemuan Panembahan Senopati dan Ratu Kidul--

RADARUTARA.ID - Legenda tentang ratu Pantai Selatan merupakan legenda yang terkenal di masyarakat Jawa. Di Pantai Selatan sendiri terdapat sebuah mitos dan larangan mengenai seseorang yang memakai pakaian berwarna hijau.

Karena dia kini oleh masyarakat bahwasanya orang yang menggunakan kekayaan tersebut akan dibawa oleh nyi Roro kidul ke kerajaannya.

Petilasan Cepuri, yang terletak di Pantai Parangkusumo, dipercaya sebagai tempat pertemuan antara Panembahan Senopati dan Ratu Kidul. Dalam sebuah eksplorasi oleh tim Kisah Tanah Jawa, praktisi spiritual bernama Hao dan rombongan mereka mengunjungi Cepuri untuk melakukan beberapa ritual.

BACA JUGA:Benarkah Indonesia Dijajah Oleh Belanda Selama 350 Tahun? Begini Faktanya

Ritual dimulai dengan menyalakan dupa yang mengarah ke dua batu karang besar, yang diyakini sebagai tempat duduk Panembahan Senopati dan Ratu Kidul.

Menurut cerita yang diceritakan oleh Hao, Panembahan Senopati datang untuk meminta bantuan Ratu Kidul dengan maksud membuka daerah kekuasaan baru.

Ratu Kidul setuju membantu, dengan satu syarat penting: Panembahan Senopati harus menjadi suaminya secara spiritual. Perjanjian yang dilakukan oleh rakyat Indonesia ini adalah hanya hubungan dengan secara spiritual saja.

BACA JUGA:Kisah Cinta Terlarang Asta Dewa dengan Nyi Roro Kidul Hingga Lahirnya Jaya Dharma

Selain itu ratu kidul juga meminta agar keturunan dari panembahan Senopati juga memiliki hubungan secara spiritual dengannya. 

Dari perjanjian yang terbentuk tersebut panembahan Senopati mendapatkan bantuan dari nyi Roro kidul untuk membangun sebuah peradaban baru dan meningkatkan sebuah kerajaan. Sejatinya dalam artikel ini menceritakan tentang mitos dan legenda yang dipercaya oleh sebagian masyarakat Jawa benar adanya. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan sekian terima kasih.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: