Benarkah Indonesia Dijajah Oleh Belanda Selama 350 Tahun? Begini Faktanya

Benarkah Indonesia Dijajah Oleh Belanda Selama 350 Tahun? Begini Faktanya

Benarkah Indonesia Di Jajah Oleh Belanda Selama 350 Tahun? Begini Faktanya.--

RADARUTARA.ID - Penjajahan Belanda di Indonesia meninggalkan luka yang mendalam bagi warga Indonesia. fakta sejarah yang sering kali disalahpahami tentang lamanya penjajahan Belanda di Indonesia.

Banyak yang menganggap bahwa Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun, namun berdasarkan analisis sejarawan, hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

GJ Resink, seorang ahli hukum internasional dengan darah Belanda-Indonesia, mengungkapkan bahwa perhitungan 350 tahun penjajahan Belanda tidak valid.

Kedatangan pertama orang Belanda ke Indonesia oleh Cornelis de Houtman terjadi pada tahun 1596, namun tujuannya saat itu adalah berdagang, bukan menjajah. Nama Indonesia juga baru dikenal pada tahun 1850.

BACA JUGA:Banyak yang Belum Tahu, Limbah Ini Tenyata Hasilkan Cuan dan Bikin Kaya Mendadak Harga Jualnya Rp4 Juta/ Ton

Sejarawan juga menekankan bahwa tidak semua wilayah Indonesia dijajah Belanda pada masa tersebut. Beberapa daerah seperti Gowa, Ternate, Bacan, Kutai, dan Riau tidak dijajah oleh Belanda.

Sebenarnya, penjajahan Belanda di Indonesia baru dapat dihitung setelah Aceh dipaksa menandatangani plakat pendek pada tahun 1904. Plakat itu, menyebutkan bahwa Aceh mengakui kedaulatan Hindia Belanda, dan wilayah Aceh merupakan bagian dari wilayah Hindia Belanda.

Sejarawan lain, seperti Dr. Lilie Suratminto, Dr. Sri Margana, dan Bonnie Triyana, sepakat bahwa penjajahan Belanda secara keseluruhan di Indonesia berlangsung selama sekitar 44 tahun, dari tahun 1800 hingga 1945. Periode sebelumnya, saat VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) berkuasa, lebih merupakan era kapitalisme dan perdagangan.

BACA JUGA:Bikin Pertahanan Israel Kocar-kacir, Siapa Sebenarnya Militan Hamas? Berikut Fakta Kelompok Palestina Hamas

Penjelasan tentang penggunaan angka 350 tahun untuk waktu penjajahan oleh para politikus pada masa itu untuk memotivasi rakyat adalah penting untuk memahami konteks sejarah ini.

Adapun fakta sejarah yang menyebutkan bahwasanya penjajahan Indonesia oleh Belanda itu terjadi selama 350 tahun adalah untuk mengobarkan semangat rakyat, untuk memperjuangkan kemerdekaan dan bebas dari kekangan penjajah.

Sehingga tujuan awalnya adalah untuk membakar semangat dalam melawan penjajah sehingga lama-kelamaan fakta sejarah tersebut akhirnya dipercaya bahwasanya Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: