Mitos atau Fakta Makan 3 Nastar Setara 1 Piring Nasi

Mitos atau Fakta Makan 3 Nastar Setara 1 Piring Nasi

Benarkah jika makan 3 kue nastar setara 1 piring nasi--

RADARUTARA.ID - Perayaan Idul Fitri identik dengan kue kering. Beberapa yang populer adalah nastar, kastengel, dan putri salju.

Nastar menjadi salah satu hidangan wajib di meja tamu keluarga. Kue berisi selai nanas ini sangat cocok dimakan saat berkumpul dengan kerabat.

Meski harganya mahal, namun masyarakat tetap getol membelinya. Di balik kelezatannya yang tiada tara, tersimpan mitos bahwa kalori dari makan 3 butir nastar sama dengan sepiring nasi.

BACA JUGA:Twitter Mulai Copot Centang Biru Tak Berbayar, Akun BLACKPINK hingga Exo Kena Dampak

Menanggapi hal ini, dokter spesialis gizi dr Saptawati Bardosono mengatakan kalori pada kue nastar berbeda-beda, tergantung bahan yang digunakan. Tetapi, biasanya satu butir nastar disebutnya memiliki 40 kalori.

Jadi, jika memakan tiga butir sama dengan 120 kalori. Jumlah kalori tersebut setara dengan sepiring nasi (100 gram) yang mengandung 130 kalori.

 

"Dalam satu buah kue nastar, biasanya terkandung 40-an kalori, kalau dibandingkan dengan 100 gram nasi yang punya 130 kalori, maka tentunya akan sama dengan kalau kita mengkonsumsi sekitar 3 buah kue nastar," kata dr Saptawati.

 

"Bergantung pada resepnya akan menghasilkan beberapa butir nastar, sehingga total kalori per resep tinggal dibagi dengan jumlah kue yang dihasilkan," lanjutnya.

 

Selain nastar, dr Saptawati mengatakan kue kering lainnya yang dibuat dari tepung terigu, mentega, dan gula juga memiliki jumlah kalori yang mirip dengan nastar.

 

"Kalori kue Lebaran lainnya juga kalorinya mirip-mirip (dengan nastar) karena terbuat dari bahan yang sama," ujar dr Saptawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: