Wujudkan Harapan Warga, Aparatur Desa Tanjung Harapan Dilatih Susun RPJMDes

Wujudkan Harapan Warga, Aparatur Desa Tanjung Harapan Dilatih Susun RPJMDes

Kepala Desa Tanjung Harapan, Haryanto saat memberikan arahan pada tim penyusun RPJMDes di Desa Tanjung Harapan--

PADANG JAYA RU.ID - Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Padang Jaya mengikuti Pelatihan dan Bimbingan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) tahun 2022-2028, di Kantor Desa Tanjung Harapan, Selasa (11/10/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu, diikuti tim penyusun RPJMDes yang telah dipercaya oleh Kepala Desa Tanjung Harapan untuk membuat dokumen RPJMDes selama enam tahun mendatang.

Kepala Desa Tanjung Harapan, Hariyanto mengatakan, sesuai janji saat dirinya mencalonkan diri menjadi kepala desa, pihaknya telah menampung aspirasi serta masukan-masukan positif untuk kemajuan desanya.

Pria berdarah Jawa yang belum lama dilantik menjadi Jepala Desa Tanjung Harapan itu optimis, dengan semangat kekompakan dari semua elemen di desa, apa yang direncanakan dan menjadi harapan masyarakat bisa terlaksana dengan baik.


Narasumber dalam pelatihan penyusuhan RPJMDes Tanjung Harapan--

"RPJMDes adalah garis besar visi dan misi kepala desa selama 6 tahun mendatang. Untuk itu mohon dukungannya dari semua pihak, khususnya Pemerintah Kecamatan Padang Jaya dan DPMD Bengkulu Utara, sehingga kedepan perencanaan pembangunan fisik dan non fisik di desa kami bisa terealisasi sesuai regulasi yang ada," ungkapny.

Sementara itu, Camat Padang Jaya, Maman Suherman, S.STP melalui Sekcam, Soini, SE mengatakan, kegiatan ini sangat penting lantaran menhadi momentum langkah awal kerjasama dan sinergi semua pihak dalam rangka menciptakan, maupun meningkatkan tata kelola pemerintahan serta pembangunan desa.

Tak hanya itu, pencapaian visi dan misi pembangunan dari kepala desa menjadi pedoman untuk mewujudkan aspirasi dari masyarakatnya.

"Dalam penyusunan RPJMDes harus melibatkan semua unsur, dengan harapan produk yang dihasilkan menyerap semua aspirasi warga. Karena sekarang ini pembangunan dimulai dari desa sedangkan RPJMDes sendiri merupakan induk dari program kerja 6 tahun kades terpilih," paparnya.


Dengan pelatihan ini diharapankan pembangunan Desa Tanjung Harapan berjalan sesuai harapan warga--

Dalam penyusunan RPJMDes, Soini menegaskan, tim yang telah dipilih harus menyesuaikan visi misi kades dengan kebijakan pemerintah kabupaten agar tidak terjadi tumpang tindih yang menghambat proses pembangunan daerah.

"Saya berpesan agar peserta dapat memahami serta menyerap ilmu dari narasumber yang berkompeten dari DPMD Bengkulu Utara, dengan harapan perencanaan pembangunan yang akan dilaksanakan desa bisa membawa kemajuan, khususnya untuk desa-desa yang ada di Kecamatan Padang Jaya," pesannya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: