5 KPM Lansia di Desa Tanjung Harapan Terima BLT-DD Jatah Bulan Januari-Maret 2024, Kades: Semoga Bermanfaat

5 KPM Lansia di Desa Tanjung Harapan Terima BLT-DD Jatah Bulan Januari-Maret 2024, Kades: Semoga Bermanfaat

Kades Tanjung Harapan saat menyerahkan BLT DD secara langsung--

RADARUTARA.ID- Serapan anggaran dan pelaksanaan dana desa (DD) tahap I TA 2024 berhasil dieksekusi oleh Pemerintah Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Ulok Kupai, Kabupaten Bengkulu Utara.

Konkretnya, pada Kamis (21/3) hari ini. Pemdes Tanjung Harapan telah mengawali program kerjanya di TA 2024, ini dengan melaksanakan penyaluran program BLT-DD di triwulan pertama yakni, Januari-Maret 2024 kepada lima keluarga penerima manfaat (KPM) dari golongan lanjut usia (Lansia) yang sebelumnya sudah ditetapkan berdasarkan hasil musyawarah desa bersama lembaga BPD.

Dalam penyaluran program BLT-DD, ini masing-masing KPM telah menerima bantuan berupa uang tunai sebesar Rp 900 ribu yang diserahkan langsung oleh Kades Tanjung Harapan, Ari Sanjaya, Ketua BPD Desa Tanjung Harapan beserta tenaga pendamping desa.

"Alhamdulillah, hari ini kita telah salurkan program BLT-DD untuk jatah tiga bulan sekaligus kepada 5 KPM yang sebelumnya sudah kita tetapkan melalui rapat musyawarah desa bersama BPD," ujar Kades.

Dikatakan Kades, BLT-DD adalah kegiatan pemberian bantuan langsung berupa uang tunai yang bersumber dari DD kepada KPM dan diputuskan melalui musyawarah desa sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Tujuan dari BLT-DD, ini sendiri kata Kades, untuk mendukung percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim. 

"BLT-DD ini kita targetkan dapat meningkatkan pendapatan keluarga miskin ekstrim di desa. Dan di TA 2024, ini alhamdulillah jumlah KPM BLT-DD kita sudah jauh berkurang yakni menjadi 5 KPM. Angka, ini jauh berkurang dibanding TA 2023, lalu. Ini, menunjukkan bahwa upaya peningkatan pendapatan terhadap keluarga miskin ekstrim di lingkungan desa yang telah kita laksanakan sejak beberapa tahun terakhir, berjalan sesuai dengan yang kita harapkan," pungkas Kades.

"Dan kami berharap, bantuan tunai yang telah kita serahkan hari ini dapat dimanfaatkan oleh masing-masing KPM untuk memenuhi kebutuhan dasarnya," imbuh Kades.

Sesuai pantauan radarutara.id, penyaluran program BLT-DD di Desa Tanjung Harapan, ini langsung dilanjutkan dengan rapat musyawarah pra pelaksanaan yang dipimpin langsung oleh Kades dan diikuti oleh jajaran aparatur perangkat desa serta lembaga BPD di Desa Tanjung Harapan.

"Selain BLT-DD, kita juga akan salurkan pembayaran honorarium kelembagaan. Selanjutnya, sesuai hasil musyawarah pra pelaksanaan yang kita laksanakan bersama jajaran perangkat desa dan BPD. Kita telah sepakat akan melanjutkan program kerja di awal TA 2024, ini dengan memulai pembangunan fisik yang rencananya akan kita eksekusi setelah lebaran Idul Fitri nantinya," demikian Kades. (Adv)


Penyerahan BLT DD kepada KPM--


Penyerahan BLT DD kepada KPM--


BLT DD di Desa Tanjung Harapan--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: