Tahun Depan Layanan PSC 119 Diaktifkan

Tahun Depan Layanan PSC 119 Diaktifkan

Hewan ternak sapi milik warga.--

MUKOMUKO RU.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko telah memiliki gedung Public Safety Center (PSC) 119. Gedung tersebut dibangun pada 2019 lalu dengan menghabiskan dana Rp 1 miliar lebih. Gedung tersebut rencananya akan dijadikan pusat layanan darurat 119 Dinkes Mukomuko. Layanan 119 sendiri, merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan untuk membantu penangan kesehatan terhadap masyarakat dalam keadaan darurat, seperti kecelakaan dan bentuk darurat lain.

Tapi sayang, hingga saat ini layanan 119 itu belum berjalan, meski gedung dua lantai sebagai fasilitas sudah dibangun. Dari pantauan, gedung tersebut hanya difungsikan untuk kegiatan Dinkes yang lain. Sementara sehari-hari, di lantai bawah, tampak dijadikan tempat parkir. Baik kendaraan berplat merah maupun plat hitam. Ketika dikonfirmasi, Plt Kepala Dinkes Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM membenarkan layanan 119 belum berjalan. Penyebabnya, peralatan elektronik untuk mengoperasikan layanan 119 itu belum tersedia.

"Belum. Memang belum berjalan. Peralatan elektroniknya belum tersedia. Kalau gedung sudah kita bangunkan. Kemungkinan besar, untuk mengaktifkan layanan PSC 119 di tahun 2023 mendatang," kata Bustam.

Ia mengatakan, tahun ini, Dinkes baru akan mengadakan peralatan penunjang untuk mengaktifkan layanan 119. Jika peralatan sudah ada, secepatnya layanan 119 diaktifkan.

"Pagunya saya lupa. Tapi pengadaan alat untuk 119 diadakan tahun ini," pungkasnya.

Jika layanan PSC 119 berjalan, masyarakat dapat menghubungi 119 jika dalam keadaan darurat. Maka call center akan menanyakan di mana lokasi kejadian berada dan akan mengarahkan Ambulans dari Puskesmas, Rumah Sakit pemerintah yang paling dekat dengan lokasi kejadian untuk melakukan pertolongan medis dengan segera.

“Ini merupakan terobosan dalam bidang pelayanan kesehatan di Kabupaten Mukomuko,” ujarnya. (rel)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: