Juli 2024 Beroperasi, Gardu Induk Arga Makmur Bakal Atasi Listrik di Bengkulu Utara

Juli 2024 Beroperasi, Gardu Induk Arga Makmur Bakal Atasi Listrik di Bengkulu Utara

Juli 2024 Beroperasi, Gardu Induk Arga Makmur Bakal Atasi Listrik di Bengkulu Utara --

ARGA MAKMUR, RADARUTARA.ID- Kasus "Byar Pet" listrik di Kabupaten Bengkulu Utara, masih menjadi persoalan yang hingga kini dikeluhkan masyarakat.

Meskipun Kebutuhan listrik sudah disuplai dari tiga pasokan untuk memenuhi Kebutuhan keandalan listrik di Kabupaten Bengkulu Utara, nyatanya permasalahan mati lampu masih belum teratasi.

Manager Unit Layanan Pelanggan atau ULP PLN Arga Makmur, Fahmi Romadona menjelaskan, selain gangguan jaringan karena faktor alam, ternyata listrik yang mengalir ke Kabupaten Bengkulu Utara memiliki jangkauan panjang jaringan.

Karena PLN ULP Arga Makmur sendiri hingga kini belum memiliki sumber pasokan listrik dan harus mengandalkan dari luar daerah.

BACA JUGA:Terjadi Kebakaran Lahan di Lais, Jaringan Listrik di Padamkan, Ini Daerah Terdampak

Dengan begitu, gangguan listrik yang berdampak padam masih sering terjadi meskipun dalam kondisi cuaca bagus.

Contohnya, hari ini dari GI Suka Merindu Kota Bengkulu mengalami gangguan, maka listrik di kabupaten Bengkulu Utara khususnya dijalur pemerintah hingga kota Bengkulu mengalami pemadaman.

Dengan posisi belum berfungsinya Gardu Induk Arga Makmur, maka kebutuhan listrik di daerah, masih bergantung dengan GI dari tiga daerah itu.

Tidak hanya itu saja, voltase listrik yang diterima diwilayah kerjanya pun sangat rendah, lantaran jarak dari GI menuju Arga Makmur hingga daerah terpencil sangatlah jauh, jarak jaringan listrik hingga 100 KM.

"Artinya, listrik yang dibutuhkan pelanggan di Kabupaten Bengkulu Utara sangatlah besar. Sementara GI Arga Makmur hingga saat ini belum beroperasi," terang Fahmi.

BACA JUGA:Di Bengkulu Utara, Petani Keluhkan Penyaluran Pupuk Subsidi Tidak Merata

Sementara, jika GI Arga Makmur sudah beroperasi, maka beban pasokan tentunya akan berkurang dan kehandalan listrik di Kabupaten Bengkulu Utara akan lebih baik.

"Kalau dari informasi yang kami dapatkan, Gardu Induk Argamakmur update berita terakhir beroperasi pada bulan juli 2024,"jelasnnya.

Disisi lain, Bupati Bengkulu Utara Ir. H.Mian pada tahun 2022 lalu telah menyampaikan permasalahan listrik yang dialami masyarakat di Kabupaten Bengkulu Utara dengan mengunjungi General Manager PLN UIW S2JB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: