Hindari Jika Tak Ingin Ketiban Sial, Ini Larangan dan Pantangan di Malam 1 Suro

Hindari Jika Tak Ingin Ketiban Sial, Ini Larangan dan Pantangan di Malam 1 Suro

Hindari Jika Tak Ingin Ketiban Sial, Ini Larangan dan Pantangan di Malam 1 Suro--

RADARUTARA.ID- Malam 1 Suro adalah perayaan awal bulan Sura yang menjadi awal tahun baru di dalam kalender Jawa. Kata Suro asalnya dari Bahasa Arab "Asyura" yang maknanya sepuluh yang didasarkan pada 10 hari pertama di bulan Muharram.

Menurut Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024, tanggal 1 suro bertepatan pada hari Senin Legi, 8 Juli 2024. Maknanya, malam 1 Suro adalah Minggu malam, 7 Juli 2024. Sebagai malam 1 Muharram, malam 1 Suro merupakan momen istimewa bagi umat islam di Indonesia.

Tetapi, ada beberapa larangan dan pantangan di malam 1 suro. Berikut ini beberapa larangan dan pantangan di malam 1 Suro.

BACA JUGA:5 Amalan Sunah di Bulan Muharram, dari Puasa hingga Menjaga Silaturahmi

1. Larangan keluar di malam hari

Masyarakat meyakini bahwa pada malam 1 Suro lebih baik duduk berdiam diri di rumah khususnya ketika malam hari. Jika dilanggar maka dipercaya akan membawa kesialan atau hal negatif.

2. Tidak boleh mengadakan pesta atau hajatan

Menggelar acara pesta pernikahan, sunatan, ataupun hajatan lainnya di malam 1 Suro dipercayai pamali dan hanya akan mengundang bencana. Tetapi, dalam Islam sebenarnya tidak ada aturan tentang waktu yang tepat untuk menikah dan tidak ada larangan menikah pada bulan tertentu terutama di bulan Muharram.

BACA JUGA:Segera Hentikan Kebiasaanmu, Ini Bahaya Motor Sering Dilumasi dengan Oli Bekas

3. Tidak boleh berbicara atau berisik

Salah satu ritual yang hanya bisa dijumpai di Keraton Yogyakarta yaitu mubeng benteng dan tapa bisu atau tidak berbicara ketika malam 1 Suro.

4. Dilarang berkata kasar atau buruk

Ada larangan untuk tidak berkata kasar dan tidak berbicara hal buruk ketika malam 1 Suro. Hal tersebut diyakini akan menjadi kenyataan. Tak hanya itu, larangan ini juga dihubungkan dengan beberapa orang Jawa yang percaya keberadaan makhluk gaib di bulan Suro yang keluar dan sedang mencari manusia yang bertindak lalai dan waspada (eling lan waspada).

5. Dilarang pindahan atau membangun rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: