Penderita Asam Lambung Wajib Tahu! Begini Posisi Tidur Agar Perut Tetap Nyaman dan Nyenyak

Penderita Asam Lambung Wajib Tahu! Begini Posisi Tidur Agar Perut Tetap Nyaman dan Nyenyak

Penderita Asam Lambung Wajib Tahu! Begini Posisi Tidur Agar Perut Tetap Nyaman dan Nyenyak--

RADARUTARA.ID- Ketika asam lambung tinggi, tidur di malam hari akan menjadi tantangan. Cairan asam lambung memiliki peran penting dalam proses pencernaan, membantu memecah makanan di dalam perut. Tapi, jika cairan asam itu naik ke kerongkongan yang dikenal dengan sebutan refluks asam, bisa menimbulkan gejala yang tidak nyaman, seperti sensasi terbakar di dada (heartburn) hingga mual. 

Mengendalikan gejala refluks asam pada malam hari sangat penting untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Kunci utama untuk mengatasi gejala ini adalah memastikan asam lambung tetap berada di tempatnya, yaitu di dalam perut dan tidak naik ke kerongkongan.

Dan salah satu cara efektif untuk mencapai hal ini adalah dengan memilih posisi tidur yang tepat, yang dapat membantu menjaga asam lambung tetap di perut dan mengurangi kemungkinan refluks.

BACA JUGA:Hati-hati HP Android Merek Ini Paling Gampang Diserang Malware

Dikutip dari Liputan6.com terdapat ulasan tentang posisi tidur saat asam lambung naik agar tetap nyaman dan nyenyak yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa 2 Juli 2024.

1. Posisi Tidur Miring ke Kiri

Menurut sebuah artikel di IFL Science, mayoritas manusia lebih nyaman tidur dengan posisi tubuh menghadap ke samping. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidur miring ke kiri dapat membantu mencegah refluks asam. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Gastroenterology menemukan bahwa tidur miring ke kiri dapat mengurangi gejala GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) dibandingkan dengan tidur miring ke kanan atau terlentang. 

Ini disebabkan oleh posisi perut yang lebih rendah dari kerongkongan saat tidur miring ke kiri, yang membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan, serta memperlancar sirkulasi darah menuju jantung dan mengurangi risiko heartburn.

2. Posisi Kepala Lebih Tinggi

Posisi kepala yang lebih tinggi dari kaki juga dikenal efektif dalam mengurangi gejala refluks asam. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam The American Journal of Gastroenterology, menaikkan kepala tempat tidur sekitar 6 hingga 8 inci dapat membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan posisi kepala yang lebih tinggi, gravitasi membantu menjaga asam lambung tetap di perut, sehingga mengurangi gejala GERD dan memungkinkan tidur yang lebih nyenyak.

3. Hindari Tidur Terlentang

Tidur terlentang dianggap sebagai posisi terburuk untuk penderita refluks asam. Penelitian dalam Journal of Gastroenterology and Hepatology menunjukkan bahwa posisi terlentang memungkinkan asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan lebih mudah dan sulit untuk turun kembali ke perut. Studi ini menegaskan bahwa tidur terlentang dapat memperburuk gejala refluks asam, menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan sepanjang malam. Oleh karena itu, posisi tidur ini harus dihindari untuk mencegah refluks asam dan memastikan tidur yang lebih nyaman.

BACA JUGA:Resmi, Ini Harga Minyak Terbaru Juli 2024, Solar dan Pertalite Jadi Segini

Tips Tidur Tetap Nyaman saat Asam Lambung Naik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: