Penderita Asam Lambung Wajib Tahu! Begini Posisi Tidur Agar Perut Tetap Nyaman dan Nyenyak

Penderita Asam Lambung Wajib Tahu! Begini Posisi Tidur Agar Perut Tetap Nyaman dan Nyenyak

Penderita Asam Lambung Wajib Tahu! Begini Posisi Tidur Agar Perut Tetap Nyaman dan Nyenyak--

Mengatasi asam lambung yang naik saat tidur bisa menjadi tantangan, namun ada beberapa tips yang dapat membantu Anda tetap nyaman dan tidur nyenyak, yakni:

1. Jangan Tidur dengan Perut Penuh

Hindari makan besar setidaknya 2-3 jam sebelum tidur untuk memberi waktu perut mencerna makanan dan mengurangi risiko refluks asam. Selain itu, hindari makanan pedas, asam, berlemak, dan berkafein sebelum tidur karena dapat memicu naiknya asam lambung.

2. Pakai Pakaian Longgar

Selanjutnya, pakaian yang terlalu ketat dapat menekan perut dan memicu refluks asam. Pilih pakaian tidur yang longgar dan nyaman untuk mengurangi tekanan pada perut.

3. Mengatur Pola Hidup

Dengan menjaga berat badan yang sehat dapat mengurangi tekanan pada perut dan mengurangi risiko refluks asam. Selain itu, anda bisa menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol. Sebab keduanya dapat merusak sfingter esofagus dan meningkatkan risiko refluks asam.

4. Manajemen Stres

Teknik relaksasi seperti meditasi atau pernapasan dalam dapat membantu mengurangi stres dan mengurangi gejala refluks. Dengan membuat rutinitas malam yang tenang dan rileks dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

5. Menghindari Makan Sebelum Tidur

Penderita asam lambung dianjurkan untuk menghindari aktivitas makan setidaknya tiga jam sebelum tidur. Pasalnya, makan malam membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Selain itu, tidur setelah makan malam dapat menyebabkan makanan naik kembali ke kerongkongan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: