Daftar Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia, RI Nomor Berapa?

Daftar Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia, RI Nomor Berapa?

Daftar Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia, RI Nomor Berapa?--

RADARUTARA.ID - Biaya hidup hampir di semua negara di dunia terus mengalami peningkatan. Hal tersebut terjadi lantaran adanya kenaikan harga barang dan jasa, menurunnya daya beli, serta pergeseran pola konsumsi dan bobot nilai konsumsi beberapa komoditas.

Walaupun begitu, ada beberapa negara yang tercatat memiliki biaya hidup relatif murah. Rendahnya biaya hidup, terutama kebutuhan sehari-hari tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor, mulai dati kondisi kemiskinan di dalam negeri hingga jumlah penduduk suatu negara yang sangat besar, sehingga orang ingin bekerja dengan upah rendah.

Portal pangkalan data Numbeo diketahui menyusun daftar 146 negara di Asia, Amerika, Afrika, Eropa, dan Oseania menurut indeks biaya hidup mereka pada tahun 2024. Penentuan daftar tersebut dilakukan dengan cara memperhitungkan harga relatif barang konsumsi, mulai dari bahan makanan, restoran, transportasi, serta utilitas. 

BACA JUGA:Belum Lunas Kredit Motor Hilang, Apakah Cicilan Tetap Dibayar?

Adapun daftar negara dengan biaya hidup termurah pada tahun 2024 sebagai berikut ini: 

1. Pakistan

Pakistan menempati peringkat pertama sebagai negara dengan biaya hidup termurah. Dengan skor indeks biaya hidup senilai 18,5, setiap individu di Pakistan cuma mengeluarkan uang bulanan kurang lebih US$ 321,5 atau Rp5,1 juta (kurs Rp 15.895), belum termasuk sewa tempat tinggal. 

2. Nigeria

Nigeria mempunyai skor indeks biaya hidup senilai 19,3. Tarif hidup di negara di kawasan Afrika Barat tersebut tergolong rendah lantaran melemahnya harga minyak dunia yang meruoakan komoditas ekspor utamanya. Perkiraan biaya hidup di Nigeria untuk satu orang, yakni sebesar US$ 581,9 atau setara Rp9,2 juta per bulan, tanpa biaya sewa rumah. 

3. Libya

Dengan skor indeks biaya hidup senilai 21,2, setiap orang di Libya cuma perlu merogoh kantong sebesar US$375,3 atau setara Rp5,9 juta per bulan, belum termasuk biaya untuk tempat tinggal.

BACA JUGA:Deretan Negara dengan Populasi Kambing Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia?

4. India

India tercatat skor indeks biaya hidup sebanyak 22,2. Negeri Bollywood tersebut menjadi rumah bagi 228,9 juta orang miskin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: