7 Cara Mudah untuk Membantu Tangani Emosi Anak dengan Sifat Sensitif, Agar Merasa Lebih Baik

7 Cara Mudah untuk Membantu Tangani Emosi Anak dengan Sifat Sensitif, Agar Merasa Lebih Baik

7 Cara Mudah untuk Membantu Tangani Emosi Anak dengan Sifat Sensitif, Agar Merasa Lebih Baik--

Yaitu cara lain untuk membantu anak merasa memegang kendali dengan menetapkan ekspektasi realistis sebelum mencoba sesuatu yang baru, misalnya, jika seorang anak sangat sensitif sedang mencoba teka-teki yang terdiri dari 300 keping dan orang tua sudah memperkirakan teka-teki itu akan berakhir dengan kehancuran, maka persiapkanlah mereka untuk menerima kekalahan terlebih dahulu.

5. Mengajari keterampilan mengatasi masalah 

Karena keterampilan mengatasi masalah dapat membantu anak untuk menyelesaikan masalah sama dengan membuat mereka tahu caranya supaya bisa mengelola emosi dengan baik sehingga anak-anak tidak mudah sensitif. 

6. Memisahkan perasaan dan perilaku

Karena anak-anak juga harus belajar bagaimana mengekspresikan emosi dengan cara yang pantas secara sosial, misalnya berteriak di tengah toko kelontong, merengek, atau mengamuk di sekolah bukanlah perilaku yang dapat diterima.

Mereka harus tahu mana perasaan dan mana perilaku, karena melakukan tindakan buruk bukanlah bentuk dari ungkapan perasaan, tetapi hanya ingin mencari perhatian, maka beritahu anak-anak cara berperilaku dengan baik serta bagaimana mengungkapkan perasaan akan suatu hal.

7. Menemukan solusi bersama

Karena terkadang, tidak ada solusi untuk perasaan yang besar, namun bila perlu, setelah memvalidasi emosi anak dan membiarkannya tenang, orang tua dapat memberdayakan mereka untuk bertukar pikiran tentang cara-cara agar mereka merasa lebih baik.

Nah itulah tadi ketujuh cara untuk mengolah emosi yang baik agar anak menjadi lebih baik, pastikan orang tua untuk selalu membimbing anak dalam keadaan apapun termasuk dalam masa pertumbuhannya agar tidak terjadi salah dalam pertumbuhan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: