Mengenal 6 Kota Tersempit dan Terkecil di Dunia, Wilayahnya Hanya Seluas satu Desa di Indonesia

Mengenal 6 Kota Tersempit dan Terkecil di Dunia, Wilayahnya Hanya Seluas satu Desa di Indonesia

Mengenal 6 Kota Tersempit dan Terkecil di Dunia, Wilayahnya Hanya Seluas satu Desa di Indonesia--

RADARUTARA.ID- Dari banyaknya kota-kota besar dan luas di dunia, ada pula kota-kota yang punya wilayah yang sangat sempit.

Kota-kota tersempit ini mungkin punya batasan geografis atau historis yang membuat wilayah mereka menjadi terbatas. Walaupun punya ukuran yang kecil, kota-kota ini kerap memiliki pesona dan daya tarik yang unik. Berikut ini daftar 6 kota tersempit dan terkecil di dunia berdasarkan luas wilayah mereka.

1. Monaco

Monaco merupakan negara kota yang lokasinya di Riviera Prancis dan menjadi kota tersempit di dunia. Dikelilingi oleh Prancis di sebagian besar sisi, wilayah Monaco mencakup area yang luasnya hanya sekitar 2,02 kilometer persegi. Walaupun kecil, Monaco merupakan pusat kehidupan mewah dan hiburan, dengan pemandangan laut Mediterania yang megah.

BACA JUGA:Cerita Pahit Warga Bukit Tinggi Sebelum Jalan dan Gedung Posyadu di Bangun Oleh Satgas TMMD

2. Nauru

Nauru merupakan negara kepulauan yang paling sempit di dunia dan lokasinya ada di Samudera Pasifik. Wilayah Nauru mencakup area seluas cuma sekitar 21 kilometer persegi. Walaupun punya wilayah kecil, Nauru punya budaya dan tradisi yang unik.

3. Tuvalu

Tuvalu merupakan negara kepulauan lain yang tersempit di dunia dan lokasinya di Samudera Pasifik. Wilayah Tuvalu mencakup area yang luasnya hanya sekitar 26 kilometer persegi. Dikelilingi oleh lautan, Tuvalu merupakan negara yang rentan terhadap perubahan iklim hingga kenaikan permukaan laut.

4. San Marino

San Marino merupakan negara kota lain yang berbatasan wilayahnya dan berlokasi di semenanjung Italia. Wilayah San Marino mencakup area yang luasnya hanya sekitar 61 kilometer persegi. Negara ini punya sejarah yang panjang dan menjadi salah satu negara paling tua di dunia yang masih eksis.

BACA JUGA:Langgar Aturan di Masjid Nabawi, Jemaah Indonesia Diamankan Askar, Untungnya Bisa Bebas Lagi

5. Liechtenstein

Liechtenstein merupakan negara kecil yang berlokasi di Alpen Eropa dan menjadi salah satu negara tersempit di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: