5 Kabupaten Terluas di Sulawesi, Cek di Sini Apakah Kabupatenmu Termasuk?

5 Kabupaten Terluas di Sulawesi, Cek di Sini Apakah Kabupatenmu Termasuk?

5 Kabupaten Terluas di Sulawesi, Cek Disini Apakah Kabupatenmu Termasuk?--

RADARUTARA.ID - Pulau Sulawesi terdiri dari 6 provinsi yaitu, Provinsi Gorontalo dengan ibu kota Gorontalo, Sulawesi Barat dengan ibu kota Mamuju, Sulawesi Tengah dengan ibu kota Palu.

Sulawesi Utara dengan ibu kota Manado, Sulawesi Tenggara dengan ibu kota Kendari, Sulawesi Selatan dengan ibu kota Makassar.

Berikut ini kita akan membahas kabupaten terluas yang ada di Pulau Sulawesi.

 

1. Kabupaten Morowali Utara 

Kabupaten Morowali Utara merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah, Ibu kota kabupaten sekaligus pusat administrasi terletak di kota Kolonodale.

Morowali Utara merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Morowali yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 12 April 2013 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB).

Kabupaten Morowali Utara, juga mempunyai luas sebesar 10.004,28 km², Kabupaten ini adalah kabupaten terluas, terpadat ke-13, dan memiliki populasi terbanyak ke-10 di Sulawesi Tengah.

Kecamatan terluasnya adalah Kecamatan Bungku Utara dan yang terkecil adalah Kecamatan Petasia Barat.

BACA JUGA:Unik, Ini 6 Nama Kabupaten Terpanjang di Indonesia, Ada yang Sampai 29 Huruf

BACA JUGA:Tarzan Gorontalo, Punya Ilmu Kebal, Tidak Terluka Meski Dibrondong 107 Butir Peluru

2. Kabupaten Luwu Utara

Kabupaten Luwu Utara merupakan kabupaten terluas di Sulawesi Selatan dengan luas wilayah mencapai 7.502,58 kilometer persegi.

Kabupaten ini terletak di bagian utara Provinsi Sulawesi Selatan dan memiliki banyak potensi wisata yang sangat menarik, seperti wisata alam dan wisata budaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: