Bukan Yogyakarta, Ini 5 Kota Tertua di Indonesia

Bukan Yogyakarta, Ini 5 Kota Tertua di Indonesia

Bukan Yogyakarta, Ini 5 Kota Tertua di Indonesia--

RADARUTARA.ID- Kota tertua di Indonesia yaitu Kota Palembang yang berlokasi di Provinsi Sumatera Selatan. Palembang merupakan salah satu Ibu Kota Kerajaan Sriwijaya yang sekarang ini sudah berusia 1340 tahun. 

Bukan hanya Palembang, masih ada kota-kota lainnya di Indonesia yang memperoleh julukan sebagai kota tertua di Indonesia. Umur kota-kota tersebut bahkan melebihi usia Republik Indonesia. 

Beberapa di antaranya telah berusia ribuan tahun dan menjadi pusat pemerintahan kerajaan-kerajaan di masa lampai. Keberadaan kota-kota tertua di Indonesia tersebut juga dibuktikan oleh prasasti ataupun beberapa peninggalan sejarah

BACA JUGA:Ini 15 Daerah Termiskin di Indonesia, Bengkulu Termasuk?

Lalu, apa saja kota-kota tertua di Indonesia?

Berikut ini 5 kota tertua di Indonesia, diantaranya:

1. Palembang, Sumatera Selatan

Palembang merupakan ibu kota Sumatera Selatan. Sebagai kota paling tua di Indonesia, Palembang sudah berusia 1340 tahun dan berdiri sejak Juni 682 Masehi. 

Bukti Palembang menjadi kota tertua di Indonesia yaitu ada pada prasasti Kedukan Bukit dengan tanggal 16 Juni 682 Masehi yang bisa ditemukan di Bukit Siguntang.

Tak hanya itu, Palembang juga dianggap sebagai salah satu pusat dari Kerajaan Sriwijaya yang sudah berdiri sejak abad ke-7.

2. Salatiga, Jawa Tengah

Salatiga merupakan kota tertua kedua di Indonesia. Kota Salatiga terletak di kaki Gunung Merbabu, Jawa Tengah. 

Kota Salatiga sudah ada sejak 24 Juli 750 Masehi. Hingga sekarang ini sudah mencapai usia 1.272 tahun. Sejarah Salatiga berasal dari Prasasti Plumpungan yang teletak di Dukuh Plumpungan, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo.

Di zaman penjajahan Belanda sudab cukup jelas batas dan status Kota Salatiga, berdasarkan Staatblad 1917 No. 266 mulai tanggal 1 Juli 1917 didirikan Stood Gemente Salatiga yang daerahnya terdiri dari 8 desa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: