Melalui Pemanfaatan Lahan Tidur, Kodim Bengkulu Utara Berhasil Panen Jagung

Melalui Pemanfaatan Lahan Tidur, Kodim Bengkulu Utara Berhasil Panen Jagung

Panen jagung di lahan tidur program Kodim 0423/Bengkulu Utara--

RADARUTARA.ID- Komando Distrik Militer 0423 Bengkulu Utara (BU) melakukan panen raya jagung jenis Hibriba Pionir p32 Singa, bertempat di Desa Gunung Agung, Kecamatan Arga Makmur, pada Selasa (23/4/2024).

Tanaman jagung tersebut merupakan hasil tanaman kerjasama antara Kodim Bengkulu Utara bersama masyarakat. Penanamannya, mulai dilaksanakan sejak akhir bulan Desember 2023 lalu.

Kasdim 0423/BU Mayor Kav Cinta Harmidi, S.Sos saat melaksanakan panen jagung mengatakan, kegiatan bertani ini merupakan tindak lanjut instruksi Kepala staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, agar memanfaatkan lahan tidur (kosong) di wilayah untuk bertani sebagai upaya meningkatkan Ketahanan Pangan.

BACA JUGA:ESDM Provinsi Bengkulu Dukung Rencana Penertiban BBM Subsidi

Kasdim menyebut, kegiatan bertani jagung ini akan terus dilanjutkan sehingga apa yang dilakukan bisa memberi manfaat serta dukungan kepada pemerintah daerah dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah. 

"Panen jagung ini bukan merupakan panen perdana program dari Kodim Bengkulu Utara. Namun ini sudah sejak lama kita lakukan," jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa panen jagung ini berhasil dilakukan setelah 110 masa tanam berlangsung. Adapun lahan yang dimanfaatkan yaitu lahan tidur milik masyarakat.

"Luasnya ada sekitar 7500 M2. Alhamdulillah, lahan yang sebelumnya tidak produktif saat ini bisa menghasilkan dan memberikan manfaat bagi masyarakat," terangnya.

BACA JUGA:Waw! DBD Menyerang 269 Warga di Bengkulu Utara Sepanjang 2024

Ditempat terpisah, Letkol Kav Aidil Hajri, M.Han. menjelaskan, Program ketahanan pangan digalakkan oleh TNI AD merupakan program yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak sebagai upaya untuk memantapkan ketersediaan pangan yang bersumber dari produksi lokal dalam rangka memperkuat ketahanan pangan nasional.

Dandim melanjutkan, adapun tujuan program tersebut, yaitu membantu pemerintah meningkatkan pangan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan lokal, meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta meningkatkan perekonomian supaya ketersediaan logistik cukup.

"Maka itu, selain kita fokus tanaman jagung. Kodim Bengkulu Utara juga fokus pada tanaman lain, seperti pisang, ubi, padi dan lain sebagainya," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: