Volume Sampah Lebaran di Bengkulu Utara Naik, DLH Siagakan Ratusan Pasukan Kebersihan

Volume Sampah Lebaran di Bengkulu Utara Naik, DLH Siagakan Ratusan Pasukan Kebersihan

Petugas kebersihan saat melakukan proses pembersihan sampah di area dalam Kota Arga Makmur--

ARGA MAKMUR, RADARUTARA.ID - Pemkab Bengkulu Utara melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) melaporkan, selama lebaran ada kenaikan volume sampah

DLH menyebut, setidaknya 20 ton sampah di Kota Arga Makmur Bengkulu Utara, yang merupakan sampah-sampah selama libur Lebaran Idulfitri 1445 H, pada 8-15 April 2024.

"Volumenya bisa dikatakan ada kenaikan, sehari petugas mengangkut sampah sekitar 6 kontener," kata Kepala DLH Bengkulu Utara, Ramadanus, Rabu (17/4/2024).

BACA JUGA:Maju Jalur Independen di Pilkada Bengkulu Utara, Kandidat Paslon Minimal Kantongi 21.784 Dukungan

Dalam mengumpulkan sampah menjelang lebaran dan sesudah, Ramadanus mengatakan, pihaknya telah menerjunkan petugas kebersihan dengan cara bergantian. 

Bahkan, petugas kebersihan dan kontiner standby untuk menghindari penumpukan sampah dilokasi titik pembuangan sampah dari masyarakat.

"Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan sampah. Petugas standby," ucapnya.

BACA JUGA:Kerugian Banjir Lebong Ditaksir Capai Miliaran Rupiah

Kadis DLH mengakui, upaya untuk mempertahankan piala Adipura yang diterima oleh pemerintah dari kementerian tidaklah mudah. 

Artinya, perlu dukungan dari semua pihak, terutama masyarakat itu sendiri. Menurutnya, penanganan sampah menjadi kendala disetiap daerah, khususnya di Kabupaten Bengkulu Utara.

"Saat ini masih menjadi kendala adalah tingkat kesadaran masyarakat itu sendiri, terkadang sampah masih berserakan," sampainya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: