Sering Menjadi Perdebatan di Bengkulu, Apa Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kepau

Sering Menjadi Perdebatan di Bengkulu, Apa Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kepau

Sering Menjadi Perdebatan di Bengkulu, Apa Perbedaan Nasi Padang dan Nasi Kepau--

RADARUTARA.ID- Nasi Padang merupakan kuliner Nusantara yang ditemukan di seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari rumah makan kecil sampai francise Nasi Padang yang ada dimana mana.

Tetapi selain nasi Padang, ada pula nasi Kapau. nasi Kapau sering disebut juga dengan nasi Padang.

Untuk masyarakat umum memang terasa sulit membedakan mana nasi Padang dan mana Nasi Kapau selain perbedaannya ada pada tulisan.

Tetapi untuk masyarakat Sumatera Barat ada perbedaan besar antara nasi Padang dan nasi Kapau, diantaranya sebagai berikut:

BACA JUGA:Kabar Gembira, 75 Ribu Satpol PP Berpeluang Jadi ASN dan PPPK

1. Asal

Sama seperti namanya, nasi Padang asalnya dari Kota Padang. Sementara nasi Kapau awalnya dijual di Bukittinggi, Sumatera Barat

2. Lauk

Ada beberapa lauk yang cuma bisa ditemui di rumah makan nasi Kapau, seperti sayur gulai kapau dan gulai tambusu yang tidak bisa dijumpai di Warung nasi Padang. Bahkan, ada pula ikan mas bertelur yang menjadi lauk khas nasi kapau dan belum tentu tersedia di rumah makan padang.

3. Cara Penyajian 

Baik rumah makan Padang ataupun rumah makan nasi Kapau, keduanya mempunyai cara penyajian makanan yang berbeda dan menjadi ciri khas tersendiri. Hal ini juga menjadi cara lain yang cukup gampang untuk dilihat.

Penyajian nasi kapau itu menggunakan cara bertingkat, dari atas sampai ke bawah mirip dengan tangga, diletakkan di atas meja di dekat lapau. Sedangkan rumah makan padang menyajikan lauk di atas piring, kemudian meletakkannya di etalase

BACA JUGA:Info Tabel Angsuran KUR BRI Maret 2024, Plafon 10 Juta Sampai 20 Juta Tenor 36 Bulan Bunga 0,2 Persen

4. Cara membeli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: