Sesulit Apapun Kondisi yang Sedang Kamu Hadapi Jangan Khawatir, Atasi dengan Doa Nabi Yunus Berikut Ini

Sesulit Apapun Kondisi yang Sedang Kamu Hadapi Jangan Khawatir, Atasi dengan Doa Nabi Yunus Berikut Ini

Sesulit Apapun Kondisi yang Sedang Kamu Hadapi Jangan Khawatir, Atasi dengan Doa Nabi Yunus AS--

"Barang siapa yang membaca doa, Laa ilaaha illaa anta... (doa Nabi Yunus AS) sebanyak empat puluh kali (40x) ketika ia sedang sakit, maka apabila ia meninggal dunia karena sakitnya itu, ia akan diberi ganjaran oleh Allah SWT seperti ganjarannya para syuhada. Dan apabila ia sembuh dari sakitnya itu, maka ia akan mendapat ampunan Allah SWT. Semoga Allah SWT mengampuni kita semua dan menyelamatkan kita dari azab neraka," bunyi keterangan dalam kitab tersebut.

Para ulama membaca doa Nabi Yunus AS sebanyak 40 kali selesai salat Subuh. Ada pula yang membaca doa Nabi Yunus AS setiap hari sebanyak 1.000 kali untuk memohon pengampunan dosa.

BACA JUGA:Sebelum Ajal Menjemput, Setidaknya Wajib Hafal Tiga surah Ini, Agar Diberi Keselamatan Dunia Akhirat

Kisah dan doa Nabi Yunus AS diabadikan dalam surah Al Anbiya' ayat 87.

وَذَا النُّوْنِ اِذْ ذَّهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ اَنْ لَّنْ نَّقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادٰى فِى الظُّلُمٰتِ اَنْ لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ ۚ

Artinya: "(Ingatlah pula) Zun Nun (Yunus) ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya. Maka, dia berdoa dalam kegelapan yang berlapis-lapis, "Tidak ada tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang zalim."

Doa yang dipanjatkan oleh Nabi Yunus AS, ini dibaca untuk memohon pertolongan dari Allah SWT supaya selamat dari ikan besar yang menelannya. Kata Salim bin Abi al-Ja'ad, pada tafsir Ibnu Katsir mengubgkapkan, bahwa ikan besar yang menelan Nabi Yunus AS itu ditelan kembali oleh ikan lain yang lebih besar. Sehingga keadaan gelapnya menjadi 2 kali lipat, ditambah dengan gelapnya lautan. 

Dan selama di dalam perut ikan, Nabi Yunus Azd mendengarkan suara tasbih dari telur ikan yang tidak terhitung jumlahnya. Ahli tafsir pun, menyebutkan bahwa Nabi Yunus AS sempat mengira dirinya sudah meninggal. Tapi setelah berhasil menggerakkan anggota tubuhnya, ia pun langsung bersujud dan berdoa kepada Allah SWT. 

Dan atas izin Allah SWT, Nabi Yunus AS pun bisa terselamatkan. Wallahu a'lam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: