Ingin Kuliah Jurusan Kedokteran? Ini 4 Modal yang Harus Kamu Persiapkan Sejak Duduk di Bangku SMA

Ingin Kuliah Jurusan Kedokteran? Ini 4 Modal yang Harus Kamu Persiapkan Sejak Duduk di Bangku SMA

Ingin Kuliah Jurusan Kedokteran? Ini 4 Modal yang Harus Kamu Persiapkan Sejak Duduk di Bangku SMA--

RADARUTARA.ID - Setiap tahun ajaran baru, jurusan kedokteran di berbagai universitas di Indonesia kerap menjadi primadona karena banyaknya peminat atau calon mahasiswa yang ingin mendaftar. Di tahun 2024, kedokteran masih menjadi jurusan favorit di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN).

Alasan yang membuat jurusan Kedokteran sangat diminati lantaran lulusannya mempunyai prospek karier yang sangat luas, mulai dari dokter umum, dokter spesialis, tenaga pendidik, PNS, peneliti, konsultan kesehatan, wirausaha, influencer, sampai pemimpin perusahaan atau rumah sakit.

Ternyata ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sejak masa sekolah untuk mencapai impianmu menjadi seorang dokter, yaitu:

BACA JUGA:Di Dapil IV, PKS dan PKB Berhasil Kumpulkan 3.000 Lebih Suara, PDIP Terancam Gagal Raih 4 Kursi

1. Menguasai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 

Untuk dapat mendalami ilmu kedokteran, kita harus mempunyai pengetahuan yang mantap di bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau Sains, seperti Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika.

Ketika kamu duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA), memilih jurusan IPA juga merupakan syarat utama untuk dapat menempuh pendidikan kedokteran di perguruan tinggi. 

2. Nilai rapor yang baik, khususnya di pelajaran IPA 

Nilai rapor yang baik serta memenuhi syarat, khususnya dalam mata pelajaran IPA, menjadi kewajiban untuk para calon mahasiswa kedokteran. Bisanya, 80 menjadi nilai rata-rata minimal rapor untuk mata pelajaran IPA yang ditentukan oleh fakultas kedokteran di universitas.

BACA JUGA:Calon Pendaftar KIP Kuliah 2024 Wajib Cek Besaran Gaji Orang Tuanya

3. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik

Seorang dokter juga wajib mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang baik karena sebagian besar materi pembelajaran tentang ilmu kedokteran menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu, penting untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris selama sekolah supaya kamu siap mempelajari materi berbahasa Inggris.

4. Aktif dalam kegiatan sosial 

Bukan hanya ilmu pengetahuan alam, seorang dokter juga harus mempunyai pengetahuan yang luas terkait ilmu sosial dan kemasyarakatan. Ketika masih duduk di bangku sekolah, kamu juga dapat mengasah jiwa sosial dengan cara aktif melayani di lingkungan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: