Ingin Kuliah di UI? Segini Biaya Per Semesternya Tahun 2024/2025 untuk Semua Jurusan S1

Ingin Kuliah di UI? Segini Biaya Per Semesternya Tahun 2024/2025 untuk Semua Jurusan S1

Ingin Kuliah di UI? Segini Biaya Per Semesternya Tahun 2024/2025 untuk Semua Jurusan S1--

RADARUTARA.ID- Bagi kalian yang ingin kuliah di Universitas Indonesia (UI) pada tahun ajaran 2024/2025 wajib tahu ini. Diketahui, pihak UI telah mengumumkan besaran UKT (uang kuliah tunggal) yang wajib dibayarkan setiap semester.

UKT wajib dibayar bagi mahasiswa yang lolos masuk UI di semua jalur mulai dari SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) SNBT 2024 (seleksi nasional berdasarkan tes) sampai jalur mandiri atau SIMAK UI. Perbedaannya, mahasiswa yang lolos lewat jalur mandiri UI atau SIMAK UI juga wajib membayar iuran pengembangan institusi (IPI) atau uang pangkal yang dibayarkan satu kali saja. 

Dijelaskan, bahwa biaya kuliah di UI per semester tahun akademik 2024/2025 UKT UI dibagi menjadi 5 kelompok. Yakni UKT Kelompok 1 dan 2 sama untuk semua jurusan. Khusus UKT kelompok 1 sebesar Rp 500.000 dan UKT kelompok 2 sebesar Rp 1 juta. Besaran UKT dan IPI di UI merujuk sesuai Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 54/P/2024 tentang Besaran Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi. 

BACA JUGA:Gantikan Ayahnya yang Sedang Sakit, Zulfikar Jadi Calon Jemaah Haji Termuda

Nah, berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum melalui Kompas.com, rangkuman biaya kuliah di UI per semester atau dalam hal ini besaran UKT di semua jurusan UI. Penting untuk diketahui, bahwa biaya UKT dan IPI disesuaikan dengan latar belakang sosial-ekonomi orang tua atau penanggung jawab biaya pendidikan masing-masing mahasiswa.

Ketentuan biaya, ini akan disampaikan saat melakukan proses pra-regristrasi. UI akan menetapkan tarif UKT dan IPI sesuai masing-masing mahasiswa. Apabila tarif yang ditetapkan dirasa tidak sesuai, maka UI menyediakan proses konsultasi dengan mahasiswa dan orang tua atau penanggung jawab biaya pendidikan bagi mahasiswa yang bersangkutan sampai menemukan tarif yang sesuai. 

Hakikatnya, UI menjamin setiap mahasiswa yang diterima pada program sarjana dan program pendidikan vokasinkelas reguler tidak akan mengalami hambatan dalam mengikuti pendidikan akibat masalah finansial. Ada berbagai mekanisme dikembangkan oleh UU untuk mengatasi masalah tersebut 

Mahasiswa juga dapat mengajukan pertanyaan dan selanjutnya akan dilangsungkan proses konsultasi, verifikasi, dan diskusi terkait UKT.

BACA JUGA:Inilah Penampakan Rumah Transmigrasi Tahun 1990, Era Belum Adanya Tabung Gas LPG dan Alat Komunikasi Android

Berikut biaya kuliah UI per semester untuk tahun akademik 2024/2025 yang perlu kamu ketahui.

1. Pendidikan Dokter, Pendidikan Dokter Gigi

UKT 3: Rp 12,5 juta

UKT 4: Rp 17,5 juta

UKT 5: Rp 20 juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: