Di Dapil IV, PKS dan PKB Berhasil Kumpulkan 3.000 Lebih Suara, PDIP Terancam Gagal Raih 4 Kursi

Di Dapil IV, PKS dan PKB Berhasil Kumpulkan 3.000 Lebih Suara, PDIP Terancam Gagal Raih 4 Kursi

Hasil perolehan suara sementara di Dapil IV Bengkulu Utara--

RADARUTARA.ID- Memasuki pleno rekapitulasi hasil Pemilu 2024 pada hari ke tiga Selasa (19/2) hari, ini. Parpol PKS dan PKB yang sebelumnya sempat diprediksi sedang bertarung sengit untuk merebutkan jatah kursi ke 11 di wilayah Dapil IV Bengkulu Utara ternyata berhasil mengumpulkan 3.000 lebih suara.

Praktis, keberhasilan PKS dan PKB mengumpulkan 3.000 lebih suara pada hasil Pemilu 2024, ini akan menjadi ancaman bagi Parpol PDIP yang sebelumnya sudah sangat percaya diri meriah empat kursi di wilayah Dapil IV Bengkulu Utara dengan perolehan total suara yang digadang-gadang sudah mencapai sekitar 20 ribu lebih.

Kegagalan PDIP untuk meriah empat kursi di dapil IV Bengkulu Utara, ini semakin terang ketika simulasi penghitungan pembagian kursi dengan metode Sainte Lague. Dimana jika perolehan suara sementara yang diraih oleh PDIP itu final hanya diangka 20 ribu lebih dan dibagi dengan pembilang 7 untuk kursi keempat, maka hanya akan menyisakan perolehan 2.800-2.900 suara.

BACA JUGA:Diduga Rem Blong, Truk Tanpa Muatan Hantam Besi Jembatan hingga Ringsek

Sementara suara yang berhasil dikumpulkan oleh pesaingnya yakni PKS dan PKB berada di atas angka 3.000 lebih. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan sementara ini. Perolehan kursi ke 10 dan ke 11 minimal harus mengantongi 3.000 lebih suara dan kondisi, itu sangat ideal terhadap perolehan suara yang diraih oleh PKS dan PKB.

Saat dikonfirmasi radarutara.id salah seorang kontestan Pileg 2024 dari Parpol PKB, Doni Asikin, mengklaim, bahwa saat ini Parpol besutan cak Imin, ini sudah berhasil mengumpulkan 3.000 suara lebih pada hasil Pemilu 2024 yang tengah bergulir saat ini. Atas perolehan, itu Doni pun, optimis bahwa Parpol yang menjadi perahunya pada konstelasi Pileg tahun, ini bisa meraih satu kursi untuk di Dapil IV Bengkulu Utara.

"Alhamdulillah dari hasil hitung sementara yang kita kumpulkan dari C1 hasil di wilayah dapil IV Bengkulu Utara, kita berhasil mengumpulkan 3.000 lebih suara. Dan kita optimis untuk mendapatkan jatah 1 kursi di dapil IV Bengkulu Utara, ini," ungkap Doni.

BACA JUGA:Sirekap KPU Munculkan Data Siluman, Benarkah Menguntungkan Salah Satu Calon?

Terpisah salah seorang kontestan Pileg 2024 asal Parpol PKS, Agustanto, juga mengklaim perolehan suara Parpol PKS di wilayah dapil IV Bengkulu Utara yang saat, ini sudah mencapai 3.000 lebih. 

"Semua data C1 hasil dari seluruh desa di dapil IV sudah kita kumpulkan dan hitung. Hasilnya sampai hari, ini kita sudah memperoleh 3.000 lebih suara. Dengan perolehan sementara, ini kami optimis masih bisa mempertahankan satu kursi lama yang kita miliki," tandasnya.

Sebagai informasi tambahan, khusus untuk Parpol petahana seperti PAN, Gerindra, Nasdem dan Perindo masih akan mengisi dan mempertahankan jatah satu kursi lamanya. Di sisi lain, kendati suara yang diperoleh oleh Parpol Golkar di Pemilu 2024, ini mengalami peningkatan dibanding perolehan di tahun 2019, lalu. Namun perolehan kursinya di Dapil IV tetap bertahan di dua kursi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: