Puasa Rajab Mulai Kapan dan Berapa Hari? Ini Penjelasan dan Waktu Mustajab

Puasa Rajab Mulai Kapan dan Berapa Hari? Ini Penjelasan dan Waktu Mustajab

Puasa Rajab Mulai Kapan dan Berapa Hari? Ini Penjelasan dan Waktu Mustajab--

RADARUTARA.ID - Rajab merupakan bulan yang masuk ke dalam daftar bulan mulia yang disebut-sebut al asyhur al hurum, bersama bulan-bulan lainnya, yakni Zulkaidah, Zulhijah, dan Muharram.

Umat islam bisa menunaikan ibadah puasa sunnah selama bulan Rajab pasalnya mempunyai banyak keutamaan. Tetapi, apakah kamu sudah tahu puasa Rajab baiknya dikerjakan berapa hari?

Puasa Rajab bisa dikerjakan selama beberapa hari, sementara harinya tidak ditentukan. Walaupun demikian, kita bisa berpuasa Rajab dengan menggunakan ketentuan hari-hari utama di setiap bulan atau setiap pekan.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah, Kata Ustaz Adi Hidayat Begini Hukum Puasa Rajab

Hari utama yang disarankan yaktu seperti yang dijelaskan oleh Imam al-Ghazali sebagai berikut:

Yang Artinya: Hari utama yang dianjurkan puasa di setiap pergantian bulan, yakni hari awal, pertengahan, dan akhir bulan. Pertengahan bulan yaitu ayyamul bidh, yang jatuh pada tanggal 13,14, dan 15.

Sedangkan (hari utama dianjurkan berpuasa) di setiap pergantian pekan, yakni Senin, Kamis, dan Jumat. Itu semua termasuk hari-hari utama yang dianjurkan untuk diisi dengan berpuasa dan memperbanyak amal baik lainnya lantaran kelipatan ganjarannya.

Jika ingin mendapat keutamaan puasa sunnah Rajab bisa menunaikan puasa di awal, pertengahan (di tanggal 13, 14, dan 15 Rajab), dan akhir bulan Rajab. Seseorang juga bisa menunaikan puasa di hari Senin, Kamis, atau hari Jumat di bulan Rajab.

BACA JUGA:4 Bacaan Doa di Bulan Rajab untuk Meraih Pahala Berlipat Ganda

Bahkan, Nabi memberi petunjuk kepada sahabatnya Al-Bahili untuk berpuasa di bulan-bulan mulia terutama di bulan Rajab, tetapi alangkah baiknya tidak dilakukan secara terus-menerus.

Diberi jeda waktu, contohnya 3 hari berpuasa, 3 hari berbuka, atau 3 hari berpuasa berturut-turut, kemudian diberi jeda satu atau 2 hari untuk berbuka, lalu memulai lagi berpuasa 3 hari.

Menurut Kalender Hijriah dari Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI), 1 Rajab 1445 H jatuh pada tanggal 13 Januari 2024. Kemudian bulan Rajab akan berakhir pada tanggal 10 Februari 2024.

BACA JUGA:Ingin Jago Debat dan Buat Lawanmu Membisu, Wajib Kuasai Teknik Ini

Berikut ini kalender bulan Rajab 1445 H/2024 M yang dirilis oleh Kemenag RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: