Pembangunan Masjid Al-Muhajirin Dimulai, Masjid Megah yang Bakal Jadi Ikon Baru di Desa Talang Berantai

Pembangunan Masjid Al-Muhajirin Dimulai, Masjid Megah yang Bakal Jadi Ikon Baru di Desa Talang Berantai

Rencana pembangunan masjid di Desa Talang Berantai--

RADARUTARA.ID- Di awal Tahun 2024, ini Desa Talang Berantai, Kecamatan Ulok Kupai, Kabupaten Bengkulu Utara telah memulai pembangunan masjid megah 2 lantai. 

Masjid megah, itu diberi nama Masjid Al-Muhajirin. 

Bentuk bangunannya terbilang megah dan elegan, karena seluruh konstruksi bangunan masjid 2 lantai, ini secara keseluruhan akan menggunakan beton.

Selain, itu dari depan terlihat ada beberapa pintu masuk dimana pada bagian atas dan keliling pintu di desain sedemikian rupa sehingga menambah kesan megah dan elegan dari masjid ini. 


Kades Talang Berantai mengantarkan proposal pembangunan masjid ke Kementerian Agama RI--

Bangunan, ini terdiri dari lantai dasar dan lantai satu. Dengan dua tempat, ini ditargetkan Masjid megah di Desa Talang Berantai ini bisa menampung ribuan jamaah.  

Desain dari bangunan masjid, ini sendiri mengambil dari desain masjid modern yang saat, ini banyak dibangun di kota-kota besar. 

Pembangunan masjid, ini dilakukan pada kepemimpinan Kepala Desa (Kades) Talang Berantai, M Japri, S.IP, yang dimulai dengan agenda titik nol sekaligus peletakan batu pertama pada 12 Januari 2024, lalu. 

Dalam beberapa kesempatan, Kades, mengatakan, pembangunan masjid ini sebagai wujud untuk membangun nilai-nilai keislaman di Desa Talang Berantai sekaligus menjadi salah satu visi-misinya saat terpilih menjadi Kades di Desa Talang Berantai yang tidak hanya fokus terhadap pembangunan sosial dan budaya, tetapi juga bertekad untuk meningkatkan infrastruktur ibadah di lingkungan desa menuju masyarakat yang religius dan makmur.  

Masjid, ini kata Kades, lumayan besar, ukurannya 22x22 meter yang seluruh konstruksinya akan menggunakan beton dengan spesifikasi 2 lantai. Jika pembangunan masjid, ini tercapai maka Kades, memastikan, bangunan Masjid Al-Muhajirin ini akan menjadi ikon baru bagi masyarakat Desa Talang Berantai dan bisa menjadi rujukan untuk wisata religius.

"Hadirnya mesjid ini bukan semata-mata untuk membangun yang tidak ada tujuannya. Jelas membangun mesjid ini sebagai wujud kita untuk membangun nilai-nilai ke islaman dan nantinya masjid, ini akan menjadi ikon religius bagi masyarakat dan Desa Talang Berantai," kata Kades.

Selain mengandalkan desain modern, masjid ini menurut Kades, juga akan melibatkan langsung pekerja-pekerja profesional dan terampil berasal dari Jawa untuk menggarap bagian kubah hingga atapnya. 

"Kebetulan bangunan masjid lama sudah berusia 22 tahun dan sudah banyak konstruksi bangunan yang keropos. Sehingga dalam proses pembangunan, ini nantinya seluruh komponen yang digunakan akan mengunakan komponen material baru," ujarnya.


Rencana pembangunan masjid di Desa Talang Berantai--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: