3 Poin ini Jadi Catatan Puskesmas dalam Proses Verifikasi R-APBDes 2024

3 Poin ini Jadi Catatan Puskesmas dalam Proses Verifikasi R-APBDes 2024

APBDes--

RADARUTARA.ID- Pemerintah menempatkan Puskesmas menjadi salah satu anggota di dalam proses verifikasi R-APBDes di TA 2024. Sehingga dalam proses verifikasi R-APBDes yang sedang bergulir saat, ini Puskesmas memiliki tanggung jawab untuk memelototi rencana program kerja masing-masing desa khususnya, di bidang kesehatan. 

Kepada Radarutara.id, Kepala Puskesmas Tanjung Harapan, Kecamatan Ulok Kupai, Harmen, S.KM, mengatakan. Ada tiga poin yang menjadi catatan bagi Puskesmas dalam melaksanakan proses verifikasi R-APBDes kepada setiap desa di wilayah kerjanya.

Tiga poin catatan yang menjadi bagian dari skala prioritas dan harus mendapatkan dukungan dari desa, itu diantaranya terkait upaya penurunan prevalensi stunting, menuntaskan program ODF (bagi desa yang belum ODF) hingga peningkatan kapasitas Kader Posyandu serta Posbindu melalui pelatihan dan sosialisasi bagi masyarakat. 

"Tiga poin, ini yang akan kita korelasikan dengan pengelolaan dana desa (DD) di setiap desa," ungkap Harmen.

BACA JUGA:Mobil Pengangkut CPO Terguling dan Terjun ke Jurang di Jalan Lintas Bukit Makmur, Begini Kondisinya

Harmen berharap, dengan adanya dukungan dari desa terhadap tiga program tersebut. Maka capaian pemerintah pusat, daerah dan desa dalam mengatasi persoalan stunting dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat bisa lebih optimal.

"Kalau semua lini sudah bergerak, maka Insya Allah persoalan-persoalan kesehatan atau program yang akan kita capai untuk meningkatkan derajat masyarakat akan lebih optimal," ujarnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: