Sering Diremehkan, Ternyata Daun Singkong Punya Sejuta Manfaat Bagi Kesehatan, Termasuk untuk Tulang dan Sendi

Sering Diremehkan, Ternyata Daun Singkong Punya Sejuta Manfaat Bagi Kesehatan, Termasuk untuk Tulang dan Sendi

Manfaat daun singkong untuk kesehatan tubuh--

RADARUTARA.ID - Singkong merupakan salah satu tanaman pangan yang paling penting di dunia. Meski bagi sebagian orang tanaman ini dianggap biasa saja bahkan disebut sebagai makanan masyarakat kelas bawah.

Tapi apakah kamu sudah tahu, bahwa selain umbinya yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, daun singkong juga kerap dikonsumsi serta diolah menjadi makan super lezat.

Daun singkong mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin, protein, asam amino, klorofil, dan magnesium.

BACA JUGA:Mengapa Safron Harganya Selangit? Ternyata Ini Segudang Manfaat Safron, Rempah Termahal yang Menakjubkan

Berikut adalah beberapa manfaat daun singkong bagi kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan imunitas

Daun singkong mengandung vitamin C dan folat yang berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu menghancurkan bakteri dan virus, sedangkan folat meningkatkan produksi sel dengan menghindari mutasi DNA.

Vitamin C dalam daun singkong merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik yang tersedia di alam. Satu cangkir daun singkong mentah mengandung sekitar 200 miligram vitamin C, yang setara dengan 40% dari kebutuhan harian orang dewasa.

Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, termasuk kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer.

Folat dalam daun singkong juga penting untuk meningkatkan imunitas. Folat membantu tubuh memproduksi sel darah merah baru, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sel darah merah yang sehat penting untuk fungsi kekebalan tubuh yang optimal.

BACA JUGA:Begini Resep Perut Punai, Kue Tradisional Khas Bengkulu Cocok Jadi Teman Nonton

2. Mengurangi radang sendi

Daun singkong mengandung magnesium yang tinggi. Magnesium merupakan mineral penting yang berperan dalam mengurangi peradangan. Magnesium juga menurunkan risiko patah tulang karena dapat menjaga kepadatan tulang.

Magnesium dalam daun singkong dapat membantu mengurangi peradangan dengan menghambat produksi enzim yang terlibat dalam proses peradangan. Magnesium juga dapat membantu mengurangi kontraksi otot yang sering terjadi pada penderita radang sendi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: