Apa Kamu Sudah Tahu? Batuk, Diare, Hingga Kolesterol Tinggi Bisa Sembuh Hanya dengan Bahan Alami Ini

Apa Kamu Sudah Tahu? Batuk, Diare, Hingga Kolesterol Tinggi Bisa Sembuh Hanya dengan Bahan Alami Ini

Kencur menjadi tanaman rempah sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh --

RADARUTARA.ID- Batuk, diare hingga kolesterol tinggi merupakan penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja. Sebagai pertolongan pertama tentu orang-orang akan mencarikan obat kimia untuk meredakan rasa sakit yang diderita. Tapi tahukah kamu, jika penyakit seperti ini bisa sembuh tanpa obat-obatan kimia? 

Ada bahan alami yang sangat ampuh dan dipercaya secara turun-temurun bisa mengobati berbagai penyakit, termasuk diare, batuk hingga asam urat. Bahan alami ini sangat mudah ditemukan dipekarangan rumah.

Ya tanaman ini adalah kencur. kencur adalah salah satu tanaman rempah yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, sehingga sering digunakan sebagai bumbu masakan atau minuman.

BACA JUGA:Sering Diremehkan, Ternyata Daun Singkong Punya Sejuta Manfaat Bagi Kesehatan, Termasuk untuk Tulang dan Sendi

Selain itu, kencur juga memiliki berbagai manfaat kesehatan, di antaranya:

1. Mengatasi batuk

Kencur memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu meredakan peradangan pada tenggorokan dan saluran pernapasan.

Hal ini dapat membantu mengatasi batuk, baik batuk berdahak maupun batuk kering. Untuk mengatasi batuk dengan kencur, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung, dicampur dengan air hangat, atau dicampur dengan madu.

2. Mengatasi diare

Kencur juga memiliki sifat karminatif, yaitu zat yang dapat membantu mengeluarkan gas dari saluran pencernaan. Hal ini dapat membantu mengatasi diare yang disebabkan oleh penumpukan gas pada saluran pencernaan.

Untuk mengatasi diare dengan kencur, Anda dapat mengonsumsinya secara langsung, dicampur dengan air hangat, atau dicampur dengan jahe.

BACA JUGA:Mengenal Cucur Bandan, Kue Tradisional Khas Bengkulu yang Istimewa

3. Menurunkan kolesterol

Kencur mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Hal ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit jantung, seperti stroke dan serangan jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: