Mengenal Cucur Bandan, Kue Tradisional Khas Bengkulu yang Istimewa

Mengenal Cucur Bandan, Kue Tradisional Khas Bengkulu yang Istimewa

Mengenal Cucur Bandan, Kue Tradisional Khas Bengkulu yang Istimewa--

RADARUTARA.ID - Kue Cucur merupakan sajian kuliner khas Nusantara yang gampang dijumpai dan sangat beragam di bermacam daerah. Salah satunya cucur bandan dari Kota Bengkulu.

Keistimewaan dari cucur bandan Bengkulu ini yang membedakan dengan kue cucur lainnya terletak pada bentuknya, yakni ada lubang di bagian tengahnya. Kue cucur biasanya berbentuk bulat tanpa ada lubang ditengahnya.

Komposisi cucur ini hampir serupa dengan cucur lainnya, yakni berbahan dasar dari gula merah dan tepung beras.

BACA JUGA:4 Bidadari Tercantik dalam Kisah Wayang, Tapi Perilakunya Bagai 'Racun Dunia'

Umumnya kue ini disajikan sebagai cemilan sebagai teman minum teh di penghujung hari, atau pun dalam bermacam perayaan hari besar di Provinsi Bengkulu.

Kue cucur berasal dari Bengkulu ini dijual dengan harga yang cukup murah lantaran bahan-bahannya juga ekonomis, satu biji cuma dibanderol seharga Rp.1000 saja.

Di Bengkulu, kue cucur ini adalah satu dari tujuh jenis kue yang wajib disajikan dalam prosesi lamaran seorang calon pengantin.

BACA JUGA:Mengerikan! Inilah Kisah Kematian Paling Tragis dalam Dunia Pewayangan

Cucur bandan itu kue cucurnya masyarakat Bengkulu dengan teksur dan bentuk berbeda sekali dengan kue cucur dari daerah lain di Tanah Air.

Memiliki bentuk yang unik dan menarik sementara teksturnya yang super lembut dan empuk sekali. Dengan cita rada yang manis, gurih dan lezat. Sekilas mirip dengan kue cucur khas Lampung Barat. Namun kue cucur bandan Khas Bengkulu tetap berbeda ya dari yang lainnya.

Lantaran memang siap daerah memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Jika kamu penasaran bagaimana rasa dari kur cucur bandan ini, cobalah berkunjung ke Kota Bengkulu. Selain bisa mencicipi kue manis yang satu ini, kamu juga bisa menikmati kuliner lain yang tak kalah nikmat di Provinsi Bengkulu ini.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: