4 Bidadari Tercantik dalam Kisah Wayang, Tapi Perilakunya Bagai 'Racun Dunia'

4 Bidadari Tercantik dalam Kisah Wayang, Tapi Perilakunya Bagai 'Racun Dunia'

4 Bidadari Tercantik dalam Kisah Wayang, Tapi Perilakunya Bagai 'Racun Dunia'--

RADARUTARA.ID - Dalam cerita pewayangan Jawa terdapat empat tokoh wanita cantik namun memiliki karakter yang tidak baik.

Para wanita cantik itu dikenal sebagai sosok yang sering menyusahkan suami, buat hancur negaranya bahkan menjadi sebab suaminya masuk neraka.

Lantas siapa saja si empat tokoh wayang jawa dengan paras cantik itu namun jadi racun dunia itu? Berikut daftarnya :


1. Dewi Renuka

Dewi Renuka merupakan putri dari Prabu Prasnajit. Ia menikah dengan Prabu Jomedagni yang merupakan raja negara Kanyoko Woyo. Dari perkawinan tersebut, Dewi Renuka memperoleh 5 orang putra.

Dalam perjalanan kisah, Jomedagni memilih menjadi brahmano di pertapaan Dewosono. Dalam pertapaan itu pula ia memboyong istri, Dewi Renuko dan ke-5 putranya. 

Mereka pada saat itu memutuskan untuk meninggalkan semua kemewahan di istana dan memilih untuk hidup sederhana sebagai pertapa.

Sejak dinpertapaan itu pula, Dewi Renuko kehilangan kehangatan ranjang. Suaminya lebih banyak menghabiskan waktu untuk melakukan pujabrata atau semedi.

Padahal Dewi Renuko meski tidak muda lagi, namun libidonya tidak pernah layu. Parasnya terlihat masih sangat cantik menawan dan tubuhnya juga awet singset langsing.

Hingga suatu hari saat sendiri di tengah hutan, Dewi Renuko bertemu dengan sesosok satria tampan yang bernama Citri Roto, penguasa kerajaan Martikowoto.

Ketika pria itu menebar senyum, Dewi Renuko benar-benar menjadi tak berdaya. Dan di tempat itu pula kedua insan itu akhirnya melakukan hubungan layaknya suami istri.

Perbuatan Dewi Renuko itu pun akhirnya tercium oleh sang suami. Sesuai hukum kerajaan,  Dewi Renuko harus dihukum pancung untuk menebus dosanya.

Romo Bargowo yang tak lain adalah anaknya sendiri adalah seorang algojo negara Maispari yang harus menghukum siapa saja yang bersalah tanpa pandang bulu.

Akhirnya Dewi Renuko dengan dramatis mati di tangan anaknya sendiri, yaitu Romo Bargowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: