Selain Sebabkan Gula Darah Naik, Konsumsi Roti Juga Bisa Picu Asam Urat Loh

Selain Sebabkan Gula Darah Naik, Konsumsi Roti Juga Bisa Picu Asam Urat Loh

Selain Sebabkan Gula Darah Naik, Konsumsi Roti Juga Bisa Picu Asam Urat, 6 Makanan Pantangan ini Harus Dihinda--

RADARUTARA.ID- Makanan dan minuman bisa menjadi sebab datangnya penyakit. Khususnya Makanan dan minuman yang mengandung tinggi purin. Karena Makanan dan minuman yang tinggi purin bisa mengakibatkan gula darah naik dan membuat asam urat kambuh. 

Purin atau purina sendiri adalah zat alami pada makanan yang bisa berubah menjadi asam urat dalam tubuh dan mengakibatkan peradangan. Untuk, itu selain mengkonsumsi obat, sebaiknya penderita asam urat juga harus menghindari makanan dan minuman yang mengandung tinggi purin supaya gula darah tidak ikut naik. 

Kendati demikian, ada beberapa sayuran yang tinggi purin namun masih aman dikonsumsi. Karena Purin pada sayuran tidak setinggi pada daging dan jenisnya, sehingga nutrisi lain di dalamnya seperti antioksidan dan fitokimia masih bisa mengimbangi potensi bahaya purinnya. 

BACA JUGA:Izin 10 Perusahaan Umrah Dicabut oleh Arab Saudi, Ini Penyebabnya

Lantas, makanan dan minuman tinggi purin apa saja yang sebaiknya dihindari penderita asam urat? Ini daftarnya:

1. Jeroan

Penderita asam urat wajib menghindari jeroan. Medical News Today menyebut, selain mengandung purin tinggi, ada kekhawatiran akan kemungkinan racun yang juga terkandung di dalamnya, terutama pada hati dan ginjal.

Ini karena secara alami jeroan berfungsi sebagai filter awal yang melindungi hewan dari kemungkinan masuknya racun ke dalam tubuh. 

2. Seafood

Sejumlah makanan laut atau seafood harus dihindari penderita asam urat karena kadar purin yang tinggi.

Verywell Health menyebut makanan laut dimaksud meliputi ikan teri, ikan trout, tuna, sarden, kepiting, dan lobster yang setidaknya mengandung 102-410 miligram purin per 100 gram.

Kandungan purin tertinggi ada pada ikan teri. Selain itu cara memasak seafood juga ternyata memengaruhi kandungan purin.

Untuk mengurangi kadar purin, olahan makanan laut bagi penderita asam urat baiknya dilakukan dengan teknik rebus, poaching atau kukus yang dapat mengurangi purin keseluruhan.

BACA JUGA:Ngeri! Ini Alasan Kenapa Tidak Dianjurkan Minum Teh Ketika Perut Kosong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: