Campurkan Bahan Ini saat Masak Nasi, Gula Darah Dijamin Tidak Akan Melonjak

Campurkan Bahan Ini saat Masak Nasi,  Gula Darah Dijamin Tidak Akan Melonjak

Campurkan Bahan Ini saat Masak Nasi, Gula Darah Dijamin Tidak Akan Melonjak--

RADARUTARA.ID- Mengkonsumsi nasi putih terlalu banyak bisa menyebabkan kadar gula menjadi tinggi dan bisa menimbulkan serangan penyakit diabetes. Ini, disebabkan kandungan karbohidrat pada nasi putih lumayan tinggi. 

Namun setelah membaca artikel, ini Anda tak perlu khawatir. Karena ahli kesehatan dan juga pakar obat herbal, dr Zaidul Akbar, membagikan tips untuk mencegah terjadinya lonjakan gula darah setelah mengkonsumsi nasi. 

Dipastikan, lonjakan gula darah akan terjadi setelah mengkonsumsi nasi putih. Dan lonjakan gula darah, ini menjadi momok tersendiri bagi sebagian orang, khususnya penderita diabetes. 

Ahli kesehatan sekaligus pendakwah, dr Zaidul Akbar, memberikan sembilan tips atau cara untuk mencegah terjadinya lonjakan gula darah setelah mengkonsumsi nasi. 

BACA JUGA:5 Kebiasaan di Tempat Kerja Ini akan Menjelaskan Kepribadian yang Kamu Punya, Coba Cek Kamu Termasuk yang Mana

Dikutip melalui laman akun Instagram, dr Zaidul Akbar, menurutnya ada banyak masalah kesehatan yang bisa terjadi akibat gula darah sedang naik. 

"Bukan hanya kencing manis ya, darah tinggi, autoimun, stroke, jantung, biasanya ga jauh-jauh dari masalah naiknya gula darah terus menerus sehingga akhirnya tubuh letih dan mulailah konslet disana sini," kata dr Zaidul Akbar. 

Lanjut dr Zaidul Akbar, tubuh manusia ibarat mesin. Jika ada satu alat yang tidak berfungsi, maka akan timbul banyak masalah kesehatan. 

"Ibarat sebuah mesin yang akibat arus listrik yang tak stabil misalnya, maka onderdil dalam mesin tubuh pasti akan banyak masalah, meski kita gak sama dengan mesin, jauh lebih komplek urusannya, sekedar ilustrasi saja," sambungnya.

BACA JUGA:Mengenal Kuluk Dugan, Kain Tenun yang Sering Digunakan Wanita Dewasa di Bengkulu

Masih dr Zaidul Akbar, khusus penyakit darah tinggi bisa naik karena terlalu banyak mengkonsumsi garam. Tapi fakta lain mengatakan, bahwa serangan darah tinggi juga bisa naiknya akibat gula darah.

"Urusan darah tinggi sekalipun, aslinya bukan hanya urusan garam yang selama ini katanya jadi biang kerok (karena garam refinasi si sebenarnya) padahal urusan naik turunnya gula darah ini malah kontributor utama di penyakit tersebut," timpalnya. 

Menurut dr Zaidul Akbar, ada sembilan cara untuk mencegah lonjakan kadar gula darah pada tubuh manusia. Namun beberapa cara, ini sangat efektif dan diyakini bisa mengontrol gula darah. 

Terutama jangan konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan atau gula olahan. Solusinya, dr Zaidul Akbar, menganjurkan Anda, bisa memilih karbohidrat yang berserat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: